Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

YLKI Pertanyakan Pemotongan Uang Nasabah di Bank Sulut Limboto

YLKI Pertanyakan Pemotongan Uang Nasabah di Bank Sulut Limboto

Menit7.com. Ketua Yayasan Lembaga konsumen Indonesia (YLKI) Gorontalo, mempertanyakan pemotongan uang nasabah di bank Sulut go cabang Limboto.

Hal tersebut diungkapkan Ketus YLKI Gorontalo, Haryanto, setelah pihakb bank Sulut melakukan pemotongan di rekening nasabah tanpa sepengetahuan pemiliknya.

“Pihak bank tidak boleh Mendebet (mengambil uang) di rekening nasabahnya, walaupun itu untuk membayar angsuran kredit” ujarnya Haryanto saat di temui Kamis (5/2).

Menurutnya Haryanto, aturan sangat jelas dalam sistem perbankan untuk melindungi konsumen. Karena itu, jika nasabah merasa telah dirugikan dapat menggugat bank yang bersangkutan ke Pengadilan.
Selain dapat dapat mengadukan kasus yang dialaminya ke Bank Indonesia. Di Bank Indonesia ada perlindungan konsumen untuk jasa sistem pembayaran.

Kasus ini terungkap setelah salah satu aparatur sipil Negara (ASN) hendak mengambil uang di tabungannya dengan menggunaka kartu ATM,Namun tidak bisa melalkukannpenarikan.

Karena merada ada yang aneh karena beberap kali mencoba melakukanntransaksi dan selalu gagal. ASN tersebut langsung menuju kantor Bank Sulut go Cabang Limboto, guna mempertanyakan kartu Atm-nya yang bermasalah.

Namun menurut salah seorang karyawan Bank Sulut go, ” bapak harus membuat kartu ATM yang baru.”. Karena Untuk membuat kartu ATM baru masih butuh proses, ASN tersebut meminta karyawan bank untuk mencetak buku tabungannya.

Setelah di cetak dia kaget melihat ada potongan yang tidak ia ketahui sebelumnya. Dia pertanyakan, kenapa ada potongan yang tanpa sepengetahuan saya, dan di jawab oleh karyawan bank itu, sekarang Torang so ganti sistem, pokoknya kalau belum masuk gaji saldo yang ada di rekening bapak kami potong.ujar ASN tersebut menirukan ucapan karyawan bank tetsebut.

Kepada Menit7 com, ASN yang minta namanya tidak disebutkan, mengatakan dorang tidak tau kalau akhir bulan, biar kurang berapa itu di rekening sangat berharga sekali, kong dorang seenaknya langsung main potong. Bukan cuma saya yang mengalami kejadian begini, semua ASN di Kabupaten Gorontalo mengalaminya. ungkapnya.

Wakil Kepala Bank Sulut go Cabang Limboto Wulan ketika dikonfirmasi melalui whatsh Appnya, mengatakan memang ada proses afiliasi sistem sesuai jadwal tanggal cair kredit untuk proses potongan pinjaman, jadi mungkin disaat sistem membaca sesuai tanggal kalau ada saldo akan terpotong secara otomatis, dan gaji itu masuk di awal bulan pasti saldonya akan kembali normal.

“Mohon maaf atas laporan-laporan yang seolah-olah merugikan nasabah, sebenarnya tidak seperti itu”.

Sementara itu, Ketua Yayasan Lembaga konsumen Indonesia Gorontalo mengatakan, Tindakan Bank Sulut go telah melanggar Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.7/6/PBI/2005 tentang transaksi informasi produk bank dan penggunaan data pribadi nasabah.
Dalam peraturan itu bank wajib mengungkapkan secara berimbang mengenai manfaat, resiko, dan biaya dari produk bank.

Peraturan Bank Indonesia berlaku umum, setiap informasi yang tertera dalam aturan itu Bank wajib menyampaikan kepada nasabah dengan jelas. Aturan ini mengikat seluruh Bank, termasuk Bank asing yang ada di Indonesia, Tegasnya. (LN)

3,556 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan