Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Warga Nisombalia akan Laksanakan Pilkades, Ini Imbauan Kapolsek Lau

Warga Nisombalia akan Laksanakan Pilkades, Ini Imbauan Kapolsek Lau

Maros, menit7.com-Panitia Pemilihan Calon Kepala Desa Nisombalia Pergantian Antar Waktu (PAW) tahun 2020, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan menetapkan 3 (tiga) calon untuk dipilih menjadi Kepala Desa Nisombalia pada tanggal, 12 Maret 2020.Ketiga calon tersebut yakni, 1. Ir. H. Arifuddin, M.Si, 2. Sulkarnain, 3. H. Faisal Samaila, S.H.

Penetapan ketiga nama calon kepala desa tersebut ditetapkan dalam rapat pleno, Rabu, 04 Maret 2020 berlangsung di Aula Kantor Desa Nisombalia dipimpin Ketua Panitia Pilkades, Darma didampingi Wakil Ketua, Irianto Amama, Kapolsek Lau, AKP Suleman, Sekcam Marusu, dan Danramil Mandai serta dihadiri para kepala dusun, imam dusun, imam desa dan Ketua RT, tokoh pemuda dan perempuan serta undangan lainnya.

Penetapan ketiga calon kepala desa Nisombalia PAW oleh panitia setelah melalui tahapan. Mulai dari pembukaan pendaftaran, verifikasi dan klarifikasi berkas, serta dilakukan seleksi melalui tes uji kompetensi, mengaji dan wawancara.

Menurut Ketua Panitia Pilkades, Darma, pendaftaran dan pengembalian berkas bakal calon tanggal, 17 s/d 23 Februari berlanjut tanggal, 24 Februari hingga 01 Maret 2020 untuk verifikasi berkas para calon. Sejak pendaftaran dibuka, 6 (enam) orang bakal cakades (calon kepala desa) yang mendaftar yakni, Sulkarnain, H. Arifuddin, H. Faisal Samaila, Abdul Waris, Yunus, dan Abdullah DH.

“Namun, pada akhir verifikasi berkas hanya 5 (lima) orang bakal cakades yang mengembalikan berkas dan memenuhi syarat. Dan, satu diantaranya tidak mengembalikan berkas yakni, Yunus sehingga dinyatakan gugur,” jelas Darma.

Darma mengatakan, dari lima orang bakal cakades inilah direkomendir untuk mengikuti seleksi sebagai Cakades Nisombalia PAW. Sebagaimana yang diatur dalam peraturan Permendagri Nomor 65 Tahun 2017 dan Permendagri Nomor 110 tahun 2016, hanya tiga Calon yang akan dipilih dalam pemilihan sehingga ada dua orang calon yang akan gugur. Pada seleksi yang berlangsung di Kantor Camat Marusu, Selasa, 03/03-2020 hasilnya, Abdul Waris dan Abdullah dinyatakan gugur.

Seperti diketahui, pada Pilkades Serentak 2018 lalu, almarhum Ahmad HM terpilih kembali untuk ketiga kalinya sebagai Kepala Desa Nisombalia untuk periode 2019-2025 . Dan, meninggal dunia pada tanggal, 4 Oktober 2019. Sehingga sisa waktu masa periode yang kurang lebih 5 tahun harus dilaksanakan Pilkades PAW.

Dalam rapat pleno, Kapolsek Lau menghimbau kepsda seluruh masyarakat Desa Nisombalia agar senantiasa menjaga keamanan karena mereka cakades adalah putera-putera terbaik Desa Nisombalia. ” Mari kita ciptakan kedamaian dan suasana yang kondusif selama berlangsungnya tahapan hingga hari “H” pilkades, ” imbu Kapolsek Lau. (ira)

4,641 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan