Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Wagub Sulbar: Pemprov Kelola SDA demi Sejahterakan Rakyat  

Wagub Sulbar: Pemprov Kelola SDA demi Sejahterakan Rakyat  

MAMUJU, MENIT7.com —  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat berkonsentrasi penuh dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) untuk kesejahteraan masyarakat, sebagaimana yang tertuang dalam komitmen pemerintah melalui visi wujudkan Sulbar yang maju dan Malaqbi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar saat membuka Rapat Kerja (Raker) rancangan induk penataan Sumber Daya Alam dan Buatan (SDAB) untuk komponen pendukung pertahanan negara yang berlangsung di ruang pertemuan Lantai 2 Kantor Gubernur Sulbar, Kamis 8 Maret 2018.

“Pertahanan negara sebagai suatu hal yang penting dan harus mendapat perhatian serius dan mesti dikelola secara sungguh-sungguh. Bicara tentang pertahanan negara, maka itu berarti kita sedang membicarakan segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan NKRI,” terang Enny.

Salah satu bagian penting dalam pertahanan negara adalah pemanfaatan potensi SDAB untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pertahanan negara. Beberapa potensi SDAB yang cukup besar dan beragam yang dapat dikelolah di wilayah Sulbar, diantaranya bersumber dari bahan galian mineral, galian radioaktif dan pengembangan energi baru terbarukan.

Dengan banyaknya potensi SDAB, pemerintah telah melakukan pemanfaatan terhadap potensi itu pada berbagai sektor diantaranya, sektor perekonomian, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

Terkait hal itu, Enny menegaskan  Pemprov Sulbar berkomitmen mengelola sumber daya alam yang ada di wilayah ini secara terarah, terpadu dan berkelanjutan. Untuk itu, diahrapkan pengelolaan SDAB dapat dimanfaatkan secara terukur agar dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan enonomi, pelayanan pendididkan dan kesehatan bagi seluruh masyarakat Sulbar.

Kol. Inf Arif Wahyu Priantono,  mewakili Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan menyampaikan, Kemenhan mengemban tugas dan fungsi pemerintahan di bidang pertahanan negara dalam merumuskan kebijakan, penataan dan pembinaan SDAB yang dikelompokkan menjadi logistik wilayah dan cadangan material strategis yang merupakan bagian dari sistem pertahanan semesta yang mempunyai peranan yang sangat penting.

“Logistik wilayah dan cadangan material strategis harus disiapkan sedemikian rupa guna terwujudnya sistem pertahanan semesta yang handal,” ucapnya.

Ia berharap dengan dilaksanakan kegiatan itu dapat lebih mempererat hubungan antara Kemenhan dengan pemerintah sebagai wujud tanggungjawab bersama dalm membangun sistem pertahanan negara yang bersifat semesta.

“Urusan pertahanan keamanan negara bukan hanya kewajiban Kemenhan dan TNI, akan tetapi juga merupakan hak dan kewajiban setiap warga Negara,” terangnya

Hadir pada kegiatan itu Perwakilan  Badan Kesbang Pol Suwahru, Analis Madya Direktorat Komponen Pendukung Kemenhan RI Kol. Arif Rahim Setiawan, Kasrem 142 Tatag Letkol Imran, Kepala PPTP Kemenhan Perwakilan Sulbar Kol. Rudyanto serta undangan lainnya. #Hms/M7.

1,582 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan