Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

UMP 2018 Naik, Pengusaha Menjerit

UMP 2018 Naik, Pengusaha Menjerit

MAMUJU.MENIT7.Com – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Barat, menyoroti rencana pemerintah untuk menerapkan kenaikan standar Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulawesi Barat, tahun 2018

Muhammad Yusran, dewan pengupahan Apindo Sulbar, saat bincang bincang dengan menit7, di salah satu cafe di Jalan Diponegoro Mamuju, Kamis siang (26/10), mengaku khawatir akan rencana penerapan kenaikan tersebut.

Pasalnya menurut Yusran, hal tersebut jelas akan berpengaruh kepada iklim investasi di daerah ini. Sebab, saat ini iklim Usaha di daerah yang belum mapan ini, belum bisa dikategorikan bagus.

“Baru sebatas lumayan, sementara standar umpnya sudah luar biasa artinya cukup tinggi,” tutur Yusran.

Hal senada juga di sampaikan Herman Kulawu, pengusaha sekaligus Direktur Perusda bidang Pariwisata. Herman menilai sebaiknya pemerintah untuk menganalisa kembali lebih dalam rencana kenaikan ini. Sebab, UMP sekarang saja penerapannya belum maksimal dan merata.

Menarik memang untuk dikaji, pasalnya dari fakta fakta dilapangan, ditemukan penerapan standar UMP masih sangat jauh dari harapan. Tidak hanya dari kalangan pengusaha saja yang membandel. Pihak pemerintah daerah sendiri, belum sepenuhnya menerapkan.

“Berapa gaji tenaga kontrak dan honorer di pemerintahan sekarang? Diluar tenaga honorer di dinas Ketenaga Kerjaan? Kan belum sesuai standar UMP to?,” terang Yusran.

Untuk itu, Yusran berharap selain rencana kenaikan UMP tersebut, pengawasan dibidang penerapan umpnya harus lebih ditingkatkan. “Supaya tidak ada diskriminasi dalam penerapannya,” kunci Yusran.

Sementara itu UMP saat ini dikisaran Rp2.017.780, sedangkan di awal Januari 2018 akan mengalami kenaikan sekitar Rp2.193.530, artinya naik sebesar Rp175.750. atau sekitar 8 persen. :Alfian/M7.

 

3,634 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

50 Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan