Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Tommo Mulai Terang Karena Hadirnya Lisa

Tommo Mulai Terang Karena Hadirnya Lisa

Mamuju, Menit7.com-Adalah Desa Tamemongga dan Desa Saludengeng yang berada di Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju.Beberapa tahun lalu kondisi daerah ini cukup memperihatinkan. Selain letaknya jauh dari ibu kota Kabupsten, juga pada malam hari gelap gulita.

Untuk mendapatkan penerangan warga setempat hanya mengandalkan lampu minyak tanah, atau menggunakan jaringan listrik swadaya. Itipun waktu operasinya sangat terbatas pada malam hari, siang hari tidak ada jaringanistrik.

Itu kisa dulu, sekarang daerah ini mulai Terang Karena sudah sentuh LiSa (Listrik Desa). Program Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselraba, mulai masuk ke desa tersebut. Inilah adalah aliran listrik ke wilayah pelosok memang bagian dari target Rasio Elektrifikasi 100 persen pada program Listrik Desa.

Di Desa Tamemongga Kamis, (4/07/2019), oleh Wakil Bupati Mamuju H. Irwan SP Pababari bersama General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat Andi Bambang Yusuf, Camat Tommo M. B. Agus Pamajang Basir SE., Kepala Desa Tamemongga Muhammad Nur dan masyarakat Desa Tamemongga, hadir menyaksikan pengeoperasian listrik tersebut.

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Andi Bambang Yusuf optimis seluruh desa diwilayah kerjanya akan terlistriki di tahun 2019, Pihaknya juga akan terus berupaya mengenjot hingga tahun 2020, utamanya dalam mencapai target LiSa,

Menurutnya dengan adanya listrik ini kehidupan masyarakat jauh lebih baik, mencerdaskan generasi masa depan, perekonomiaan semakin maju dan di harapkan ada usaha petani yang membuat kehidupan jauh lebih baik dengan adanya Listirk Desa,

Tak kalah optimisnya H. Irwan Pababari juga sangat mengapresiasi adanya proyek Listrik Desa yang sangat membantu khususnya wilayah terpencil, sehingga dapat merasakan terangnya Desa. Selain itu juga untuk membantu aktifitas masyarakat yang dulu sangat terbatas, utamanya akses mendapatkan informasi baik melalui siaran TV dan sebagainya serta membantu perkerjaan rumah, urusan Sekolah yang membutuhkan daya listrik hingga dapat membantu melancarkan perekonomian masyarakat

“Kami bergharap kepada Perusahaan Listrik untuk tetap memprogramkan proyek Listrik Desa dimana masih ada desa terpencil yang belum mendapatkannya sehingga semua dapat merasakan listrik didesanya” Pungkasnya

Secara total untuk pembangunan jaringan listrik dua desa Pembangunan Jaringan Listrik Desa Tamemongga JTM (3.48 kms), Tiang Beton 13 Meter ( 63 Batang), JTR (2,3). Tiang Beton 11 Meter (24 Batang), Travo Distribusi (25 kVA/3 Phs 2), Potensi Pelanggan (50 Plg).

Pembangunan Listrik Desa Saludengeng JTM (1,14 kms), Tiang Beton 13 Meter (21 Batng), JTR (0,73). Tiang Beton 11 Meter (13 Batang), Travo Distribusi (25 kVA/3 Phs 1), Potensi Pelanggan (14 Plg), potensi pelanggan se banyak 64 pelanggan dengan rata – rata daya tersambung 900 VA dengan Biaya penyambungan 989.000 per pelanggan sudah termasuk Token (pulsa listrik) Rp. 100.000. (HMS/L)

2,951 kali dilihat, 175 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan