Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Tinjau Percetakan Sawah, Danrem 142 dan Forkopimda Pinrang Sambut Kunker Komisi I

Tinjau Percetakan Sawah, Danrem 142 dan Forkopimda Pinrang Sambut Kunker Komisi I

PINRANG,MENIT7.com-Tugas TNI AD dalam program Upsus Hanpangan diantaranya (pengawalan dan pendampingan ), LTT, Sergap, Perluasan sawah. Untuk meningkatkan hasil produksi padi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat petani. Sedangkan cetak sawah baru program prioritas pencapaian swasembada pangan  tahun anggaran 2017.

 

Diawali dengan amanat Presiden RI saat apel Danrem-Dandim 2014 di pangkalan Bun Kalimantan Tengah, yang  meminta TNI untuk berperan dalam swasembada pangan.  Dilanjutkan nota kesepahaman  Mentan RI dengan Panglima TNI tanggal 5 Desember 2016 tentang kerja sama dengan program pembangunan pertanian Tahun 2016 dan Tahun 2017.

 

Penandatanganan  perjanjian  kerjasama (PKS) kegiatan perluasan sawah  tahun  2017 antara Kementan RI dengan TNI AD pada tanggal 5 Januari 2017 di hotel Bidakara jln. Jenderal Gatot Subroto Kav. 71-73 Pancoran Jakarta selatan.

 

Dalam rangka melihat kegiatan cetak sawah, Tim Komisi I DPR RI yang berjumlah 10 orang di dampingi oleh Kasdam XIV/Hsn Brigjen TNI Budi Sulistiyono mengunjungi Makodim 1404/Pinrang disambut oleh Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Taufiq Shobri, Bupati Pinrang, Dandim 1404 Letkol Arm. Lukman, serta Forkopimda Pinrang.

 

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pula Pertemuan Kasdam XIV/Hsn Brigjen TNI Budi Sulistijono dengan anggota Komisi I di aula Kodim 1404/Pinrang,  dalam kesempatan tersebut,  Danrem 142 selaku Kalakgiat memaparkan pelaksanaan kegiatan cetak sawah dilanjutkan peninjauan ke lokasi cetak sawah baru di kelurahan  Mamminasae Kecamtan  Paleteang, Kabupaten  Pinrang.

 

Anggota Komisi I DPR RI di pimpin oleh : Dr. H. Abdul Haris Alamsyhari beranggotakan Meutya viada hafid, Djendri Alting Keintjem, Andi  Rio  Idris Padjalangi, Venny Devianti, Teuku  Riefky Harsya. Selama kegiatan,  turut mendampingi Rombongan tim DPR RI, tim Monev Sterad perluasan Sawah Mabesad wilayah sulsel Kolonel  Kav. Suharto lebong.

 

Dalam paparannya Danrem 141/Tatag menyampaikan bahwa luas cetak sawah yang di laksanakan seluas 1. 366, 85 Ha (meliputi Kab. Mamasa, Mamuju, Mateng, Lutra, Sidrap ) dan revisi tambahan Kabupaten  Luwu 200 Ha, Luwu Timur 250 ha serta Kabupaten Pinrang sendiri 177 ha dengan jumlah 627 Ha. Ada beberapa hambatan diantaranya , kondisi jarak dan jalan serta faktor cuaca  dan Hujan.

 

” Kita akan lihat langsung kondisi dan pelaksanaan swasembada pangan oleh TNI di lapangan. Kunker spesifik dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan di samping fungsi Legislasi dan Budgeting. Hal ini sebagai bahan kami untuk menjawab pertanyaan berbagai media , “ tegas Dr. H. Abdul Haris Alamsyari.

 

Turut hadir dalam kegiatan tatap muka dan peninjauan, Aster Kasdam XIV, Aslog Kasdam XIV, Kazidam XIV, Kadistan, Unsur Forkopimda, Kadistan serta instansi terkait. (Penrem 142/Tatag/M7)

 

2,504 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan