Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Tersangka Korupsi APBD Sulbar Bakal Terus Bertambah, Oknum Legislator Diduga Terima Fee Proyek

Tersangka Korupsi APBD Sulbar Bakal Terus Bertambah, Oknum Legislator Diduga Terima Fee Proyek
karikatur dana aspirasi

MAMUJU,MENIT7.Com –  Meski sudah menetapkan Ketua DPRD dan wakil ketua DPRD Sulbar menjadi tersangka  dalam  kasus dugaan korupsi Anggara Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2016.  Pihak Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat,  masih terus melakukan penyidikan dengan mendalami sejumlah hasil pemeriksaannya dan dokumen hasil sitaan dibeberapa Organisasi Perangkat Daerah  (OPD), guna menentukan tersangka berikutnya.

Hal itu, diungkapkan Asisten Intelejen Kejati Sulselbar, Marang, SH.MH kepada Menit7.com via Handpone.

Menurut Marang, untuk menentukan  berapa jumlah tersangka berikutnya tergantung hasil  gelar perkara (ekspose)  dan pendalaman  hasil pemeriksaan tim penyidik, namun kasus ini tidak hanya berhenti pada ketua dan wakil ketua DPRD Sulbar.

“Kami tidak bisa menjelaskan berapa menjadi tersangka berikutnya, itu tergantung dari hasil eksposenya nanti,”katanya.

Dalam siaran Persnya Kejati, tersangka  ketua DPRD Sulbar dan 3 orang wakilnya, dijerat pasal berlapis, yakni UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang  pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, terutama pada pasal 12 huruf (i), Penyelanggara Negera yang ditugasi  melakukan pengawasan  secara langsung atau tidak langsung ikut serta dalam kegiatan  pengadaan barang  jasa.

Perbuatan  tersebut dilakukan oleh para tersangka dengan cara meminjam perusahaan dan menggunakan orang lain sebagai penghubung atau tim sukses/ keluarga atau orang kepercayaannya. Namun  dalam kenyataannya  digunakan secara tidak sesuai peruntukannya, melainkan untuk kepentingan pribadi dan fee proyek, sehingga diduga menimbulkan kerugian negara.

Selain disangka melanggar pasal 12, juga diprasangkan pasal  3 jo pasal 64 UU No 20 tahun 2001  tentang perubahan UU no 31 tahun 1999 tentang  Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Menurut sumber Menit7.com,  yang minta tidak disebutkan namanya selain ke 4  tersangka ketua DPRD dan wakilnya, bakal menyusul lag yangi lain, baik dari anggota DPRD sendiri maupun dari kalangan pejabat Pemprov Sulbar, dan penghubung serta rekanan para anggota legislator. (tim/M7)

3,766 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan