Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Terkait Dana Desa, Masyarakat Iloponu Surati Kejati Gorontalo

Terkait Dana Desa, Masyarakat Iloponu Surati Kejati Gorontalo

Gorontalo, Menit7.com – Sejumlah perwakilan masyarakat Desa Iloponu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo menyurati pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Gorontalo, berdasarkan tanda terima surat, Rabu (8/1/2020).

Dalam surat tertanggal 6 Januari 2020 itu, perwakilan masyarakat tersebut menyampaikan laporan penggunaan Dana Desa Ioponu dalam hal pembangunan perpustakaan dan 1 (satu) paket pembangunan taman Desa (taman, kolam renang dan pagar kantor Desa) tahun anggaran 2019.

Dalam surat itu pula, perwakilan masyarakat tersebut menilai, bahwa pekerjaan tersebut sudah melewati ambang batas waktu yang ditetapkan. Olehnya itu, mereka (perwakilan masyarakat, red) memohon kepada pihak Kejati Gorontalo untuk dapat meninjau langsung lokasi pekerjaan dan memproses sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Berikut isi surat tersebut:
“Melalui surat ini kami masyarakat Desa Iloponu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo menyampaikan laporan perihal penggunaan Dana Desa dalam hal pembangunan Perpustakan dan satu paket pembangunan Taman Desa (Taman, Kolam renang dan Pagar Kantor Kantor Desa) yang di danai oleh Dana Desa tahun anggaran 2019 hingga hari ini pekerjaan tersebut belum selesai.

Adapun anggaran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Pembangunan Perpustakan senilai Rp. 139.838.600 (Seratus tiga puluh sembilan juta delapan ratus tiga puluh delapan ribu enam ratus rupiah).
2. Pembangunan Taman Desa senilai Rp. 145.322.900 (Seratus empat puluh lima juta tiga ratus dua puluh dua ribu sembilan ratus rupiah).

Dengan total anggaran Rp. 285.161.500 (Dua ratus delapan puluh lima juta seratus enam puluh satu ribu lima ratus rupiah).

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka kami selaku masyarakat menilai bahwa pekerjaan tersebut sudah melewati ambang batas waktu yang ditetapkan. Olehnya kami atas nama masyarakat Desa Iloponu, memohon kiranya kepada pihak Kejaksaan Tinggi untuk dapat meninjau langsung lokasi pekerjaan dan memproses sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.”

Terkait hal itu, salah satu perwakilan masyarakat Desa Iloponu yang juga merupakan Ketua Umum (Ketum) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Greenleaf Gorontalo, Muhlis K. Dj. Harim saat dihubungi oleh Media ini, membenarkan adanya laporan melalui surat yang ditujukan ke pihak Kejati Gorontalo terkait penggunaan Dana Desa Iloponu dalam hal pembangunan perpustakaan dan 1 (satu) paket pembangunan taman Desa tahun anggaran 2019 tersebut, sambil memperlihatkan bukti tanda terima surat laporan tersebut.

Berita ini berlanjut dan akan dilakukan klarifikasi lebih lanjut. (RRK)

3,479 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan