Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Tanaman Nilam Mendokrak Ekonomi Warga Desa Leling Utara

Tanaman Nilam Mendokrak Ekonomi Warga Desa Leling Utara

MAMUJU, MENIT7.com — Budidaya tanaman Nilam salah satu sektor penghasilan  warga Dusun Salumuni Indah. Desa Leling Utara, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju menjadi primadona.

Kendati baru satu tahun dilakukan sejumlah warga, penanaman tanaman jangka pendek itu diawal mula hanya enam bulan panen selanjutnya empat bulan bisa dipanen lagi melalui proses pengeringan dan penyulingan.

Hal itu dikatakan salah satu pelaku dan tokoh masyarakat, Ruddin Muis kepada Menit7.com, Jumat (2/3/2018) ditemui dirumah kediamannya di Dusun Salomuni.

Menurutnya, sejak Nilam ditanam di Desa Leling, Dusun Salumuni Indah  otomatis ekonomi masyarakat pelaku dan pekerja terbantu dan naik secara otomatis.

“Sudah satu tahun lebih, sejak warga bercocok tanam Nilam, ekonominya naik untuk buruh lepas bisa mendapat satu hari Rp100.000, kalau pelaku usaha dari petani dalam hitungan hektare dalan masa panen mencapai Rp30.000.000,’ ucap Ruddin Muis kepada Menit7.com di Dusun Salu Muni,Desa Leling Utara, Kamis (1/3/2018).

Dirinya mengaku sistem itu dilakukan dibawa binaan Fakar Atsiri Sulbar, memberi bimbingan kesejumlah petani yang ada Dusun Salomuni Indah.

“Selama kurang lebih setahun warga sudah marasakan hasil panen Nilam, bahkan mendongkrak ekonomi para petani Nilam di lima dusun di Desa Leling Utara,” ucapnya.#Jay/M7.

1,058 kali dilihat, 14 kali dilihat hari ini

One Response

  1. numbing cream for waxingSeptember 6, 2018 at 8:08 amReply

    Wow that was strange. I just wrote an extremely long commment
    but after I clicked submiit my comment didn’t appear. Grrrr…
    well I’m not writing alll that over again. Anyway, jjst wanted to
    sayy grreat blog!

Tinggalkan Balasan

Dibagikan