Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Sutopo: Fenomena Puting Beliung Akibat  Rusaknya Lingkungan

Sutopo: Fenomena Puting Beliung Akibat  Rusaknya Lingkungan
Fenomena angin puting beliung akibat rusaknya lingkungan dan keseimbangan sistem Bumi

JAKARTA,MENIT7.Com-Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan penampakan tiga angin puting beliung bersamaan terjadi di perairan Kepulauan Seribu, di Karang Lebar Kelurahan Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta pada Senin (23/10/2017) pukul 09.00 Wib. Ini adalah fenomena yang langka dimana 3 puting beliung berjejeran secara bersamaan.

Apalagi di wilayah tropis fenomena ini jarang terjadi. Ini menunjukkan bahwa iklim telah berubah akibat dari rusaknya lingkungan dan keseimbangan sistem bumi, jelas Sutopo, Senin (23/10/2017).

Puting beliung terjadi di dekat Pulau Opak, di belakang Pulau Kaliage yang merupakan pulau yang tidak dihuni. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat terjangan puting beliung. “Ekor puting beliung berputar di sekitar perairan sehingga menimbulkan gelombang kecil di laut, “Ini makin menunjukkan bahwa iklim telah berubah akibat dari rusaknya lingkungan dan keseimbangan sistem bumi,” jelas Sutopo,

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dengan cuaca ekstrem selama musim pancaroba. Hujan deras yang diikuti dengan angin kencang dan puting beliung berpotensi meningkat.

Semaksima mungkin  hindari aktivitas di bawah pohon-pohon besar dan papan-papan reklame yang besar karena berpotensi roboh tertiup angin kencang. “Waspadai banjir akibat meluapnya drainase dan sungai yang ada,” jelasnya.(**m7)

 

2,332 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan