Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Soal Kades Mutasi Sekdes Jadi Kadus, Komisi 1 DPRD Akan Undang Kades

Soal Kades Mutasi Sekdes Jadi Kadus, Komisi 1 DPRD Akan Undang Kades

Gorontalo, Menit7.com – DPRD Kabupaten Gorontalo, melalui Komisi 1 akan menindaklanjuti laporan soal Kepala Desa (Kades) Ombulo Tango, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo yang telah memutasi Perangkat Desanya.

Dimana telah diketahui, pada mutasi Perangkat Desa tersebut, Kades memutasi Sekretaris Desa (Sekdes) menjadi Kepala Dusun (Kadus) dan juga memutasi beberapa Perangkat Desa lainnya.

“Kami Komisi 1 sudah menerima laporan tersebut dan In shaa Allah akan kami tindaklanjuti. Semua laporan ataupun aspirasi masyarakat akan kami proses sesuai mekanisme aturan yang berlaku,” kata Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Gorontalo, Nasir Potale, kepada Wartawan, melalui sambungan WhatsApp, Kamis (13/2/2020).

“Nanti kita undang Kadesnya untuk dimintai klarifikasi,” sambung Nasir.

Pihaknya pun akan segera melakukan rapat ditingkat Komisi terkait waktu pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP) laporan soal mutasi Perangkat Desa tersebut.

“Kami rapatkan ditingkat Komisi dulu untuk meminta persetujuan Komisi hari apa mo RDP laporan tersebut,” tandasnya. (RRK)

4,390 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

One Response

  1. Samin djafarFebruari 13, 2020 at 8:55 amReply

    Desa adalah kesatuan hukum adat yg memiliki hak dan kewenangan mengurus rumah tangganya sendiri, mohon di pahami ini……
    BPD, walau hanya lembaga kecil yang diatur oleh undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, sebagai pelaksana fungsi pemerintahan di desa, mohon untuk di hargai
    Sebagai anggota asosiasi BPD saya merasa pemanggilan kepala desa ini sudah melangkahi kewenangan kami sebagai legislasi di desa, sesuai instrumen undang-undang nomor 6, kami punya hak untuk mengundang kades guna meminta keterangan, dan klarifikasi serta menyatakan pendapat atas kejadian ini, di bagian ini kades punya hak meng-evaluasi kinerja perangkat desa dan menata kembali SOTK-nya….

Tinggalkan Balasan

Dibagikan