Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Soal Eksekusi Tanjung Sari, HMI Sulteng Desak Komnas HAM Bentuk TPF

Soal Eksekusi Tanjung Sari, HMI Sulteng Desak Komnas HAM Bentuk TPF

PALU, MENIT7.com– Eksekusi lanjutan oleh Pengadilan Negeri (PN) Luwuk di Tanjung Sari, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Senin (19/3/2018) membuat sejumlah kalangan angkat bicara, salah satunya Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sulawesi Tengah (Badko HMI Sulteng).

Ketua Umum Badko HmI Sulteng, Moh Siddiq Djatola mendesak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk segera membentuk tim pencari fakta (TPF) guna menyelesaikan kasus tersebut.

“Kami siap melibatkan diri apabila dibutuhkan sebagai anggota dalam tim tersebut,” tegasnya ,Selasa (20/3/2018).

Siddiq juga menyayangkan, tindakan represif aparat di lapangan yang mengawal juru sita PN Banggai untuk melakukan eksekusi atas sebidang tanah seluas sekitar 14 hektare itu, sehingga sejumlah warga tanjung sari terpaksa diamankan termasuk salah seorang pengacara dan dosen di Luwuk.

Menurut Siddiq, hal ini dinilai sebagai fenomena kemanusiaan. Disamping penangkapan warga, juga adanya tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat keamanan.

“Pihak Pemkab Banggai dan DPRD Kabupaten Banggai sepertinya bisu terhadap eksekusi di Tanjung Sari itu. Saya mencurigai, adanya persengkongkolan atau konspirasi antara penguasa dan pengusaha, sehingga eksekusi ini dilakukan,” ujarnya.

Selain itu, Siddiq akan melakukan konsolidasi dari tingkat pusat hingga daerah guna menyelesaikan kasus yang terjadi di Kabupaten Luwuk itu.

“Melihat kondisi ini, kami mengambil langkah membangun komunikasi ke PB HMI (Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam) di Jakarta, guna membantu penyelesaian kasus itu,” jelasnya

Siddiq menegaskan akan berkomitmen untuk terus mengawal kasus ini dengan meminta pertanggungjawaban pihak terkait,serta membangun konsolidasi dengan beberapa elemen organisasi di Sulteng.

“Hal ini harus menjadi perhatian serius semua masyarakat Sulteng, organisasi, LSM dan semua elemen organisasi,” ucapnya.#adhi.

1,354 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

One Response

Tinggalkan Balasan

Dibagikan