Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Skenario Pengamanan Pilkada Jatim

Skenario Pengamanan Pilkada Jatim
Enam Skanario pengamanan Pilkada Jawa Timur (foto huludin/menit7)

SURABAYA, MENIT7com, – Ada enam skenario yang ditampilkan dalam upaya pengamanan Pilkada di Jawa Timur (Jatim).

Keenam skenario yang melibatkan unsur TNI, Polisi, serta Satpol PP itu meliputi, pengamanan saat pendistribuisian surat suara, pengamanan saat masa kampanye, pengamanan saat masa tenang, pengamanan saat pencoblosan, pengamanan saat penetapan pemenang Pemilukada dan pengamanan pasca Pilkada.

Rabu (14/2/2018, satu rangkaian acara yang diperagakan, rupanya mendapat perhatian yakni melakukan pengejaran oleh petugas kepolisian terhadap oknum perusuh saat masa kampanye.

Pada peragaan ini, dua buah mobil Satlantas Polda Jatim mengejar pengendara sepeda motor disertai adu balap dan berbagai manuver, namun akhirnya pengendara sepeda motor dapat dilumpuhkan seorang Polwan dengan tangan kosong.

Ini merupakan peragaan penanganan menghadapi perusuh saat penetapan pemenang pemilukada oleh KPUD Jawa Timur yang tidak diterima oleh salah satu pendukung pasangan.

Hadir dalam kegiatan ini kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim, nomor urut 1 Khofifah Indar Parwangsa dan Emil Darda, serta nomor urut 2 Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno. Kedua pasangan calon gubernur ini diikuti sejumlah pimpinan partai pengusung. Mereka hadir untuk melaksanakan sumpah dan penandatanganan ikrar Pemilukada damai.

Pembacaan sumpah dilakukan oleh ketua KPUD Jawa Timur, disaksikan Pangdam V Brawijaya, Ketua DPRD Jawa Timur, Kapolda Jawa Timur, pejabat Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur. #haludin/Menit7

 

1,196 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

51 Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan