Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Sebatik Produksi Padi 7.7 Ton Perhektar

Sebatik  Produksi  Padi 7.7 Ton  Perhektar
lahan perswahan panen 7.7 ton perhektar

SEBATIK ,MENIT7. Com – Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara merupakan salah satu wilayah yang berada di daerah perbatasan sangat cocok untuk pengembangan sektor pertanian tanaman pangan. Selain memiliki potensi luas lahan sawah,  juga sangat cocok untuk pengembangan pertanian lahan tada hujan.

Belum lama ini, masyarakat desa Tanjung Aru, kecamatan Sebatik Timur melakukan panen perdana bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan, dengan hasil produksi yang sangat memuaskan.

Kepala desa Tanjung Aru, Kec. Sebatik Timur, H. Palani mengatakan, hasil panen padi gabah kering giling (GKG) di wilayahnya rata-rata 7,7 ton per hektar. Hasil panen tersebut, jelas H Palani lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, hasil panen petani di Desa kami cukup baik dan rata-rata hasil produksinya juga sangat bagus mampu mencapai 7,7 ton per hektar”, ujarnya.

Menurutnya, banyak kendala yang dihadapi petani di wilayahnya dalam mengembangkan lahan pertanian yaitu masalah pengadaan pupuk bersubsidi dan bibit unggul sesuai dengan karakteristik lahan yang ada diwilayahnya.
“Salah satu hambatan yang sangat dirasakan masyarakat tani diwilayah kami sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi sehingga pupuk yang kami gunakan sebagian pupuk non subsidi” papar, Kades Palani.

Lebih jauh, Palani berharap pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan bisa memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi masyarakat dan bantuan bibit padi unggul sehingga hasil panen masyarakat bisa lebih baik lagi. Bahkan pihaknya juga berharap, daerahnya bisa menjadi daerah penyangga pangan bagi Kabupaten Nunukan dan Kaltara.
“Kita berharap kedepannya Pulau Sebatik bisa menjadi penghasil padi, meskipun Pulau Sebatik sudah dikepung dengan perkebunan kelapa sawit”, tutur, Kades H Palani. (Sahabuddin/M7).

 

3,550 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan