Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Refleksi Jelang 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Refleksi Jelang 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

OPINI – Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) akan memasuki usia tiga tahun pada 20 Oktober 2017 mendatang.

Sejumlah janji pernah dilontarkan Jokowi-JK saat masa Pemilihan Presiden 2014 lalu. Bagaimana realisasi janji-janji tersebut? Saya menilai telah banyak keberhasilan Jokowi-JK dalam 3 tahun pemerintahannya.

Pertama_, pembangunan yang dilakukan Jokowi-JK sudah masuk di berbagai sektor. Pembangunan infrastruktur digencarkan terus menerus dan tidak hanya Jawa sentris (berpusat di Jawa), tetapi juga telah menyentuh berbagai pelosok negeri, terutama Indonesia Timur.

Kedua_, banyak kebijakan yang langsung menyentuh kebutuhan rakyat seperti Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar  dan Dana Desa.

Ketiga_, pembangunan ekonomi ini sedang berjalan menuju proses recovery kondisi ekonomi bangsa. Kita bersyukur program tax amnesty sudah menunjukkan titik cerah dan keberhasilan, yang dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan memberikan subsidi terhadap defisit neraca transaksi berjalan.

Keempat_, terkait aspek penegakan dan kepastian hukum, DPR menyambut baik adanya operasi pemberantasan pungutan liar (OPP) yang sifatnya untuk efisiensi anggaran.

Pemerintahan Presiden Jokowi yang dikenal dengan jargon pemerintahan kerja memang belum lama berjalan, tetapi berbagai keberhasilan telah dapat dilihat dan dirasakan dengan nyata oleh masyarakat.

Berikut daftar keberhasilan yang telah dicapai oleh pemerintahan Presiden Jokowi:

1. Membubarkan PETRAL yang bisa hemat anggaran sebesar Rp250 miliar/hari

2. Mencabut subsidi BBM, sehingga dananya dapat digunakan untuk berbagai hal yang produktif

3. Meresmikan pembuatan jalan tol Trans Sumatera tahap I dari Lampung-Palembang-Indralaya

4. Meresmikan dimulainya pembangunan PLTU Batang, Jawa Tengah dengan Kapasitas 2.000.MW yang mangkrak selama empat tahun

5. Dimulainya pengairan Waduk Jatigede, Sumedang yang berfungsi untuk mengendalikan banjir di Indramayu, pengairan sawah sawah di Jawa Barat serta pembangunan PLTA dengan kapasitas 110.MW

6. Pada September 2015, dimulainya pembangunan jalur LRT jurusan Cibubur-Cawang dan Bekasi Timur-Cawang (info: Kemen PUPR)

7. Pada September 2015, peresmian dioperasikannya Bor Raksasa untuk membuat terowongan dalam tanah guna jalur MRT trayek Lebak Bulus-KebayoranBaru-Senayan-Bundaran Hotel Indonesia

8. Pemerintahan Jokowi menggelontorkan dana sebesar Rp. 16 triliun untuk membangun infrastruktur di perbatasan Kalimantan dari Kalimantan Utara sampai Kalimantan Barat

9. Pembangunan Pelabuhan Laut dalam di Papua : Sorong, Manokwari, Jayapura dan Merauke, serta infrastruktur pembuatan jalan yang menghubungkan kota kota di Papua.

10 .Perusahaan Saudi Arabia ARAMCO akan membangun Kilang Minyak serta Storage BBM di Indonesia senilai Rp. 140 triliun yang selama ini pembangunan Kilang Minyak tidak pernah terwujud sejak era Soeharto

11. Dengan beroperasinya pada bulan Nopember 2015 ini, unit RFCC (Residual Fluid Catalytic Cracking) di Cilacap Jateng dan Kilang TPPI di Tuban Jatim, maka Import BBM Premium bisa berkurang 30% atau Negara bisa hemat Rp. 150 miliar/hari, atau setara dgn 100.ribu Barrel per hari.

12. Kasus Lumpur Lapindo yang selama 8 tahun tidak selesai di era SBY, oleh Jokowi hanya dalam kurun waktu 8 bulan rampung ganti rugi semuanya diterima warga Sidoarjo.

Masih banyak keberhasilan lain yang dilakukan Pemerintahan Jokowi-JK meskipun baru 3 tahun memimpin negeri ini. Walaupun belum semua janjinya direalisasikan, Jokowi-JK telah memberikan optimisme kepada rakyat bahwa pembangunan di negeri ini telah berada di jalur yang benar. Kita percaya bahwa di sisa 2 tahun pemerintahannya, Jokowi-JK akan menuntaskan janji-janjinya yang belum terealisasikan.(***)

Oleh: Andy Echa,SH

Pemerhati Sosial

4,321 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan