Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Proyek ADD kuri Cudi Mangkrak

Proyek ADD kuri Cudi Mangkrak

Maros, Menit7.com-Perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Calon Kepala Desa serentak 2018 Kabupate Maros dimulai. Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) membuka pendaftaran dari tanggal, 24 – 31 Agustus 2018. Untuk Pilkades tahun ini (2018), sebanyak 60 desa se Kab. Maros akan melaksanakan Pilkades serentak dan antara tahun
2019/20, 20 desa juga akan melaksanakan Pilkades serentak.

Ada hal yanh menarik Pilkades tahun ini. Bakal calon Kades maupun incumbent tidak pernah tersangkut masalah hukum dengan dibuktikan Surat Ketengan dari Pengadilan dan Kepolisian.

Terkhusus kepada kepala desa yang akan maju mencalonkan diri diharuskan menyelesaikan laporan pertanggungjawaban selama periode masa jabatan. Dan, tidak tersangkut masalah hukum.

Bagi incumbent yang akan mencalonkan diri kembali diharuskan memberi laloran pertanggungjawaban selama masa jabatan. Apabila tidak dan ditemukan ada permasalahan hukum, inspektorat daerah Kabupaten  Maros tidak akan menerbitkan rekomendasi untuk ikut pemilihan bakal calon kepala desa.

“Kami akan pertimbangkan menerbitkan rekomendasi bagi incumbent yang bermasalah,”” ujar M. Yusuf, salah seorang pemeriksa Kantor Inspektorat Pemkab Maros kepada delik, Selasa, 28/8.

Investigasi delik di lapangan menemukan adanya kepala desa bermasalah. Salah satunya, Desa Nisombalia, Kec. Marusu. Ada proyek tahun 2017 di Kuri Cadi yang sampai saat ini (Agustus 2018) tidak selesai. Padahal anggaran sudah cair .

Tidak hanya itu. Pembabatan hutan magrove yg dilakukan oleh salah seorang warga. Dan lahan tersebut telah dibuatkan surat SPPT atas nama kepala desa Nisombalia, Ahmad dan Samsu. Masalah ini telah ditangani Polres Maros. (iam)

1,747 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan