Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Polisi Contohkan Sikap Budaya Antri dan Menghargai Hak Orang Lain

Polisi Contohkan Sikap Budaya Antri dan Menghargai Hak Orang Lain

Gowa, menit7.com-Ketika masuk di kantor Samsat LPTD Wilayah Kabupaten Gowa, bermaksud membayar pajak kendaraan. Tiba-tiba terlihat seorang polisi sedang antri menunggu giliran pembayaran pajak kendaraan.

Sembari menunggu antrian berlangsung dialog singkat dengan bapak polisi yang penyabar itu. Ketika ditanya, mengapa bapak ikut antri membayar pajak kendaraan bersama masyarakat lain?

Spontan bapak polisi yang berpakaian seragam itu menjawab dengan santun. Sebagai seorang polisi bisa saja melakukan jalur pintas. Polisi ingin mempelihatkan contoh yang baik terhadap masyarakat. Bagaimana seharusnya ikut bersama menciptakan budaya antri dan menghargai hak hak orang lain.

Dinegara kita ini budaya tertib disiplin dan taat aturan serta penghargaan terhadap hak hak orang lain masih menjadi agenda bersama untuk kita tata demi terciptanya kedamaian dan kesejahteraan.

Dalam perspektif psikologi menjadi teladan (role model) adalah hal yang sangat efektif untuk merubah sikap dan perilaku masyarakat. Bandura (seorang ilmuan psikologi ) menyebutkan bahwa meniru perilaku (coping behavior) adalah hal yang muda dalam membentuk sikap dan perilaku yg diharapkan.

Semoga pengalaman ini menjadi inspirasi publik bahwa budaya antri bukanlah sesuatu yang naib tetapi justru menjadi sikap terpuji bagi seorang pejabat publik. (*/ira)

4,974 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan