Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Polda Sulsel Tangkap Penipu Onlinr

Polda Sulsel Tangkap Penipu Onlinr

Makassar, Menit7.com – Waspada! Apabila ada orang yang menawarkan pinjaman dana online. Jangan sampai Anda akan menjadi sasaran dan jadi korban penipuan.
Seperti yang dialami seorang perempuan, Milanita Puspita Febriani. Warga Jln. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini tertarik dengan pinjaman dana online terpaksa kehilangan uang sebanyak Rp. 1.100.000 – (satu juta seratus ribu rupiah). Karena tergiur dengan pinjaman dana online yang ditawarkan oleh terduga pelaku penipuan Firdaus alias Daus.

Namun, modus itu tercium oleh Subdit 5 Cyber Crime Polda Sulsel. Akibat perbuatannya itu, Firdaus saat ini mendekam dalam sel tahanan Polda Sulsel.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol. ibrahim Tompo pada konferensi pers yang digelar di ruang Ditreskrimsus, Senin, 27/01-2020 menjelaskan, kronologis modus penipuan yang dilakukan Firdaus.

Menurut Ibrahim Tompo didampingi Penmas Humas Polda Sulsel Kompol Muhammad Arsyad, sejak September 2019 hingga Januari 2020, pelaku mengirimkan ribuan SMS untuk mengiklankan pinjaman secara online dengan menggunakan nama “Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama’ ke nomor acak.

Korban tertarik untuk melakukan pinjaman. Pelaku penipuan itu kemudian meminta sejumlah uang administrasi kepada para pengaju untuk mencairkan nominal pinjaman yang diajukan.
” Namun, setelah uang ditransfer korban, pelaku langsung memblokir nomor korban dan uang yang dijanjikan tidak dikirim,” ujar Kombes Ibrahim.

Akibat perbuatannya itu, Daus diancam pasal 51 ayat (2) jo pasal 36 jo pasal 28 ayat (1) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi Elrktronik (ITE) fengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara. ” Barang bukti berupa 1 unit Hp mrek Samsung warna putih dan Handphone Android mrek OPPO F9 warna hitam disita,” beber Ibrahim Tompo. (ira)

7,989 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan