Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

PKS Membuka Peluang Caleg Non Kader

PKS Membuka Peluang Caleg Non Kader

JAWA TIMUR, MENIT7.com – Pemilihan umum legislatif (Pileg) pada 2019, masih menyisakan waktu setahun lagi. Meski begitu, sejumlah partai mulai melakukan penjaringan calon anggota legislatif. Tak terkecuali dengan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Gresik.

Tidak hanya untuk kader, partai berlambang dua bulan sabit dan padi itu memberi kesempatan siapa saja untuk menjadi calon legislatif. Termasuk wartawan maupun kader parpol yang parpolnya tidak lolos verifikasi.

“Siapa saja bisa. Profesional, akademisi, pengusaha, jurnalis, dan artis bisa mendaftar,” ujar Ketua DPD PKS Gresik Fahrizal Muhammad Kohar disela rapat kerja daerah dan konsolidasi kader, Minggu (28/1/2018).

Menurut Fahrizal, partainya sudah melakukan sosialisasi pendaftaran caleg. Malahan terkait dengan penjaringan itu, DPD PKS Gresik sudah mengajukan ke DPW PKS Jawa Timur nama-nama caleg yang maju di Pileg 2019.

“Caleg yang maju kami beri kebebasan bergerak. Kalau cocok di daerah daftar pemilihannya (Dapil) juga kami beri kesempatan,” ujarnya.

Fahrizal menambahkan, penjaringan caleg di tahun ini berbeda dibanding lima tahun sebelumnya. Jika sebelumnya melakukan persiapan 6 bulan menjelang Pileg 2019. Tapi, untuk saat ini persiapannya sudah dilakukan dua tahun. Alasan dilakukan lebih lama karena di Pileg PKS menargetkan mendapat dua kursi di DPRD Gresik.

Pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014 lalu. PKS Gresik totalnya mendapat suara 21.400 suara. Namun, perolehan suara tersebut belum cukup bagi PKS untuk mendapatkan kursi di parlemen DPRD Gresik. Pasalnya, dari total 21.400 suara itu setiap dapil tidak merata. Sehingga, PKS belum bisa mengirimkan perwakilan anggota legislatifnya.

Sedangkan Ketua Daerah Dakwah DPW PKS Jawa Timur Hadi Setiawan mengakui bahwa rekrutman eksternal
partai untuk menjadi Caleg 2019, merupakan strategi dalam memecah kebuntuan di Gresik. Karena, selama ini Gresik belum pernah sama sekali berhasil mengirim wakilnya di legislatif.

“Makanya, kali ini kita lebih fleksibel menerima caleg yang ingin berjuang bersama PKS. Monggo yang ingin gabung,” imbuhnya. #Abdul M.Latif.

2,806 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan