Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Pengamat Prihatin Kondisi Pembangunan Desa Nisombalia

Pengamat Prihatin Kondisi Pembangunan Desa Nisombalia

Maros,Menit7.com-Pemerintah Kabupaten Maros saat ini terus melalukan pembenahan infrastruktur di semua sektor. Infrastruktur jalan terus ditingkatkan. Mulai dari pelosok desa sampai ke pusat kota. Tujuannya, adalah untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa menuju masyarakat yang sejahtera.

Namun, di sisi lain masih ada desa yang pembangunannya jalan di tempat. Padahal pemerintah pusat telah menggelontorkan anggaran mulai dari tahun 2015, 2016, 2017 sebesar Rp. 176 Triliun. Kemudian masing-masing desa mendapatkan Alokasi Dana Desa (ADD) antara Rp 1 miliar bahkan lebih. Dengan penggunaan ADD ini diharapkan masyarakat dapat merasakan dan menikmati hasil pembangunan dengan meningkatkan infrastruktur yang ada di desa.

Salah satu desa di Kab. Maros seperti Desa Nisombalia, Kecamatan  Marusu. Kabupaten Maros sangat jauh dari harapan masyarakat, khususnya pembangunan di Kuri Cadi.

Dua orang pengamat dan pemerhati lingkungan dan kehidupan sosial yakni, M. Amirullah, A yanh juga salah seorang tokoh masyarakat Kab. Maros dan Zainuddin Alba, SH salah seorang law year (pengacara) ikut prihatian dengan kondisi pembamgunan di Kuri Cadi.

Menurut Amirullah tidak ada yang sulit jika pemerintah setempat punya niat baik membangun dan memperbaiki desanya. Pemerintah telah menyiapkan anggaran (ADD). “jadi kalau ada desa yang tidak maju-maju, kepala desanya perlu dipertanyakan. Apakah memiliki jiwa membangun,” ujar Amirullah

Menyoal kondisi Kuri Cadi yang pembangunannya jalan di tempat, Amir menilai, Kuri Cadi memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Bisa dijadikan destinasi wisata bahari yang tak kalah dengan pantai Akkarena fan Tanjung Bayam di Makassar. Namun yang perlu diperhatikan adalah akses jalan menuju ke Kuri Cadi harus menjadi perhatian utama pemerintah setempat,” bebernya.

Kalau pemerintah setempat serius, membangun, hasilnya pasti bangus dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Kecuali kalau pemerintah setempat tidak serius, hasilx juga akan mengecewakan,” ujarnya.

Tidak hanya Amirullah. Zainuddin Alba salah seorang law year (pengacara) dan pengamat sosial mengtakan ikut prihatin dengan kondisi pembangunan infrastruktur di Kuri Cadi. “Saya tidak melihat perubahan yg siginifikan di Kuri Cadi. Boleh dikata kegiatan pembangunan di Kuri Cadi jalan di tempat,” jelas Zainuddin kepada delik. Selasa, 4/9.
Menurut dia, seharusnya pemerintah setempat punya planning yang menjadi skala prioritas utama dan pembangunannya tepat sasaran. Sehingga tidak ada proyek yang terbengkalai.(iam)

904 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan