Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Pemerintah Putuskan Soal Kontrak PT Freeport?

Pemerintah Putuskan Soal Kontrak PT Freeport?
PT Freeport. (Foto-Net)

MENIT7.COM –  Pertemuan tertutup digelar di Istana Kepresidenan. Pertemuan itu berlangsung lebih dari satu jam. Rapat tertutup dengan Presiden Joko Widodo itu dihadiri oleh para menteri, yakni Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Sri Mulyani dan Luhut, bahkan kembali lagi ke Istana, setelah beberapa saat sempat meninggalkan kompleks Istana Kepresidenan. Rapat tersebut berlangsung tertutup dan di luar agenda resmi Presiden Jokowi. Meski begitu, tak jelas apa yang dibicarakan termasuk apakah soal putusan kontrak PT Freeport Indonesia.

Sekitar pukul 18.45 WIB, para menteri tersebut keluar. Baik Darmin, Luhut, Rini hingga Sri Mulyani, tidak ada yang memberi keterangan. Mereka bergegas menuju kendaraan dinas masing-masing dan pergi meninggalkan Istana.

Sementara itu, Jonan, saat disinggung apakah pertemuan terkait akan dilakukannya negosiasi dengan CEO Freeport Richard Adkerson, juga tidak memberi keterangan rinci.

“Besok (Selasa 29 Agustus 2017) diundang jam 10.00,” singkat Jonan dan langsung bergegas masuk mobilnya.

Tidak dijelaskan secara rinci, apakah pertemuan dilakukan Selasa besok atau Jonan akan memberi keterangan pers.

Namun, sebelumnya Jonan sempat memberi pernyataan bahwa PT Freeport sudah sepakat dengan divestasi 51 persen sahamnya, yang berarti sesuai dengan permintaan pemerintah. “Kalau 51 persen sudah sepakat. Tinggal nanti caranya segala macam. Ini mau nego final,” kata Jonan di Istana Negara.

Negosiasi final itu, lanjut Jonan, akan dilakukan bulan Agustus ini juga. Karena, ada beberapa hal yang akan dibahas.

“Freeport itu kan nanti rencananya bulan ini kita mau negosiasi final. Terutama, yang di bidang perpajakan dan retribusi daerah. Tapi itu porsinya lebih ke Menteri Keuangan,” jelas mantan Menteri Perhubungan itu. (viva/asp/m7)

1,694 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

2 Responses

  1. megapokerNovember 29, 2019 at 10:44 amReply

    … [Trackback]

    […] Info to that Topic: menit7.com/pemerintah-putuskan-soal-kontrak-pt-freeport/ […]

  2. Moisturize your skinDesember 2, 2019 at 5:27 amReply

    … [Trackback]

    […] Info to that Topic: menit7.com/pemerintah-putuskan-soal-kontrak-pt-freeport/ […]

Tinggalkan Balasan

Dibagikan