Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Pemasangan E-Gov Pemprov Sulbar Rampung 2019

Pemasangan E-Gov Pemprov Sulbar  Rampung 2019
Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Barat. Drs. H Musakkir Kulasse

MAMUJU,MENIT7.com-Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat,dibawah komanda H Ali Baal Masdar,  kini sedang mengiemplementasikan sistem  E-government adalah sistem pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi. Inovasi e-government ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pelayanan dari  Organisasi Perangkat Daerah ( OPD)  kepada masyarakat melalui pelayanan online. Selain itu, melalui sistem e-government, masyarakat bisa ikut mengontrol pekerjaan pemerintah.

Sistem e-government ini tidak hanya berdampak bagi masyarakat, tetapi juga bagi pemerintah itu sendiri. Sistem e-government dapat mendukung kinerja pemerintah dalam bidang government to business, governmentto citizen, government to government, dan government to employees.

Bentuk-bentuk dari penggunaan e-government adalah e-budgeting, e-procurement, e-audit, e-catalog, e-payment, e-controlling, bahkan hingga e-health. Beberapa daerah bahkan sudah menerapkan sistem  Smart Windows (SWS) yaitu sebuah layanan yang membuat masyarakat dapat mengurus perizinan melalui smartphone. Bahkan, masyarakat dapat mencetak sendiri dokumen-dokumen perizinan.

Menurtu Kelapa Dinas Kominfo, Stastik dan Persandian  Provinsi Sulawesi  Barat, Drs. H Muzakkir Kulasse, MM,  kepada  menit7.com, mengatakan sistem ini nantinya akan terpusat di kantor  Kominfo. Ada 42  OPD yang menjadi  sasaran penyambungan khususnya di areal kawasan perkantoran Gubernur Sulawesi  Barat, dan saat ini  jaringan terpasang secara bertahap, sudah mencapai 90%.

Tersisa  tinggal 3  OPD yang belum terpasang yakni Dinas Perpustakaan, Dinas Tenaga Kerja, dan Dinas Pemuda dan Olahraga.  Rencananya ke tiga  OPD tersebut rampung paling lambat tahun 2019 mendatang, jelas Muzakkir.

Lanjut Musakkir, tujuan pemasangan sistem ini, adalah untuk memudahkan bagi masyarakat atau siapa saja yang membutuhkan data-data pada setiap OPD  sebagai bentuk transpransi Pengelolaann pemerintahan di Sulbar.# ucheng/ join.

 

 

1,492 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan