Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Panwaslu Anulir Putusan KPU, Umar-Madeng Lengkapi Berkas

Panwaslu Anulir Putusan KPU, Umar-Madeng Lengkapi Berkas

BONE,MENIT7.com- Masih ingat  pasangan Umar- Madeng, yang mendatangi Panwaslu Bone, 23 Januari lalu, sesaat setelah Komisi Pelihan Umum KPU Bone, menyatakan dukungan KTP yang diajukan sebagai calon Independen, tidak memenuhi syarat dukungan.

Ternyata   kedatangan  Umar- Madeng, membuahkan hasil, setelah  Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bone menerima laporannya,  sehingga sementara waktu ini melepaskan kotak kosong.

Panwaslu memberikan kesempatan kepada pasangan Umar Madeng untuk melengkapi berkas dukungan pencalonannya.

Putusan Panwasu Kabupaten Bone ini menganulir hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone yang memutuskan Umar Madeng gagal menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Bone,  karena tidak memenuhi syarat.

Putusan ini juga telah memupuskan eforia  calon Bupati dan Wakil Bupati Andi Fahsar Mahdin Padjalangi Ambo Dalle, yang  melawan kotak kosong.

Sebaliknya pendukung Umar-Madeng, menyambut haru keputusan panwaslu Bone, sebagian  dari mereka  meneteskan air mata.

Sebelum mendapatkan putusan, sengketa pilkada yang bergulir di Panwaslu Bone telah melewati tahapan sidang yang cukup alot dan panjang. Tapi putusan sengketa yang dibacakan ketua majelis Muhammad Ridwan Husaifah di kantor Panwaslu Di jln Jend. sudirman, pada 04 Februari 2018 mengakhiri sengketa pilkada.

“Putusan sengketa di jelaskan dalam peraturan Badan pengawas pemilihan umum no. 15 tahun 2017 tentang tata cara penyelesaian sengketa pemilihan umum menetapkan bahwa mengabulkan tuntuntan pemohon secara keseluruhan sejak di keluarkannya putusan hingga batas waktu yang di tentukan,” kata Ridwan.

Putusan tersebut di sambut meriah massa pendukung Umar-Madeng yang memadati kantor Panwasu tempat di bacakannya putusan, bahkan sebagian pendukung tampak menetaskan air mata karena terharu.

Sementara itu anggota Komisioner KPU Bone Izharul Haq (Bidang hukum) yang di konfirmasi menjelaskan bahwa putusan penetapan Bawaslu ada dalam poin tiga memerintahkan kepada KPU untuk mengkaji ulang kelengkapan syarat dukungan pemohon dalam hal ini Umar-Madeng yang selanjutnya akan di tindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku.

“intinya ini masih memerlukan proses panjang. sehingga kami akan terus melakukan kordinasi,” ungkap Izharul. (A.Syam)

 

2,822 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan