Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Ombudsman Dorong Perbaikan Layanan Kesehatan di Sulbar

Ombudsman Dorong Perbaikan Layanan Kesehatan di Sulbar

MAMUJU, MENIT7.Com – Sebagai upaya mendorong perbaikan pelayanan publik di bidang kesehatan disejumlah Rumah Sakit, Puskesmas dan Poskesdes diwilayah Provinsi Sulawesi Barat, jajaran Ombudsman RI Sulbar, menggelar rapat koordinasi terkait bidang layanan kesehatan, menghadirkan Direktur Rumah Sakit Regional Sulawesi Barat, BPJS Sulawei Barat dan Kepala Dinkes Sulawesi Barat, di Kantor Ombudsman, Kamis (26/10/2017)

Dalam koordinasi ini sejumlah persoalan kesehatan yang menjadi aduan masyarakat, menjadi salahsatu topik pembahasan diantaranya, pelayanan kesehatan di RSU Regional Sulbar yang sempat mogok. Begitu juga rencanana rencana status RSU Regional menjadi BLU, Pelayanan kesehatan tingkat Puskesmas, layanan BPJS terhadap pasien lakalantas berhubungan dengan Jasa Raharja, begitu pula ketersediaan dan prosedur pengadaan obat, termasuk tenaga kesehatan ditingkat Puskesmas, khususnya tenaga kontrak BPJS, aspirasi dan tenaga jontrak daerah.

Termasuk sistem mutasi tenaga kesehatan dilingkungan Rumah Sakit dan Puskesmas.

Diskusi ini, dilaksanakan dengan harapan melahirkan solusi dalam rangka perbaikan layanan publik bidang kesehatan di daerah ini, melalui layanan publik, tentunya akan bermuara pada terwujudnya Government dan Governance.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar mengatakan, kedepan sistem pelayanan dalam keadaan darurat, fasilitas pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun swasta, wajib memberikan pelayanan kesehatan bagi penyelamatan nyawa pasien dan pencegahan kecacatan terlebih dahulu.  Setiap rumah sakit mempunyai kewajiban memberikan fasilitas pelayanan kepada pasien.

“Kedepan kita berharap semua sistem pelayanan kesehatan berjalan lebih baik,” kata Lukman Umar.

“Setelah koordinasi hari ini, kami akan terus memantau realisasi janji perbaikan layanan kesehatan di sejumlah unit pelayanan kesehatan di daerah ini, baik di rumah sakit, puskesmas hingga poskesdes termasuk pelayanan kepesertaan BPJS, semoga pertemuan hari ini memberikan dampak signifikan dalam perbaikan layanan kesehatan di sulawesi barat,” tutup Lukman Umar.#Akbar/M7.

3,668 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

47 Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan