Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

NasDem Tegaskan KPK Harus Dijaga Bersama

NasDem Tegaskan KPK Harus Dijaga Bersama

JAKARTA, MENIT7 – Dewan Pimpinan Partai NasDem sependapat dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla soal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). NasDem menilai lembaga antirasywah perlu diperkuat.

“DPP Partai NasDem mendukung sikap Presiden dan Wakil Presiden dalam menanggapi adanya usulan pembekuan KPK yang menyatakan tidak akan membiarkan KPK diperlemah dan karenanya kita harus sama-sama menjaga KPK,” tegas Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate di Kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Senin (11/9/ 2017).

Johnny menjelaskan, mekanisme pengawasan pelaksanaan tugas dan wewenang KPK baik internal maupun eksternal harus dikuatkan. Penguatan diyakini menghilangkan praktik yang bertentangan dengan upaya pemberantasan korupsi.

“Setiap kekuasaan dan kewenangan sejatinya harus terbuka terhadap pengawasan. Sebab, pengawasan adalah faktor terpenting dari terjaminnya akuntabilitas,” ujar Johnny.

Tak hanya itu, Johnny menyebut NasDem ingin memperkuat KPK dengan kewenangan mengeluarkan SP3. Hal itu dinilai dibutuhkan agar pihak yang tak terbukti bersalah secara hukum tak tersandera oleh status tersangka.

“NasDem ingin memastikan agar kerja-kerja KPK dilakukan secara cermat dan hati-hati, sehingga tidak terdapat pelaku kejahatan korupsi yang lolos. Di sisi lain tidak juga terdapat orang yang tersandera karena status tersangka yang dibiarkan bertahun-tahun tanpa kepastian proses selanjutnya, serta banyaknya perkara yang bertumpuk tanpa kejelasan,” beber Wakil Ketua Fraksi NasDem itu.

Jokowi menegaskan tak akan membiarkan KPK diperlemah. Semua pihak harus sama-sama memastikan keberadaan KPK.

“Kita harus sama-sama menjaga KPK,” tegas Jokowi usai peresmian Tol Jombang-Mojokerto di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (10/9/2017).

Jokowi menilai posisi KPK harus dipertahankan. Apalagi, korupsi masuk dalam kategori kejahatan luar biasa yang harus diberantas.

KPK, kata dia, juga merupakan lembaga yang sangat dipercaya masyarakat. “KPKHarus kita perkuat. Untuk mempercepat apa? Percepat pemberantasan korupsi,” tutupnya.(Mtn/M7)

2,388 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan