Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Nama Desa Lumika 1 Kecamatan Bonehau Mamuju Simpang Siur?

Nama Desa Lumika 1 Kecamatan Bonehau Mamuju Simpang Siur?

MAMUJU, MENIT7.com – Berdasarkan Undang-undang (UU) RI Nomor 26 tahun 2004 tentang data desa di Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju 2015-2016 terdapat 10 desa, padahal daftar desa di Kecamatan Bonehau,  realitanya di lapangan hanya terdapat 9 desa.

Hal itu dikatakan, Ketua Gerakan Pembaharuan National Anti Korupsi (Gepnak) Sulbar, Amiruddin. 

“Jumlah desa di Kecamatan Bonehau sebenarnya ada 9, tetapi data di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ada 10, berarti 1 desa kami nilai fiktif,” kata Amiruddin kepada Menit7.com,sambil memperlihatkan nama-nama desa dari data Kemendagri,  Selasa (14/11/2017).

Lanjut, kata Amiruddin anggaran dana desa yang kuat dugaan fiktif sudah mendapat Anggaran Dana Desa (ADD) kepada Desa Mappu, tetapi yang terdaftar di Kemendagri adalah nama Desa Lumika 1, darinya itu nama desa tidak singkron dan dinilai melanggar administrasi dan legalitas hukumnya.

“Hal ini perlu menjadi perhatian khusus aparat penegak dan pengawasan,” tegas Amiruddin.

Ditempat terpisah melalui Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Kabupaten Mamuju, Jumardi, saat ditemui diruang kerjanya, menurutnya data nama desa di kecamatan Bonehau sekitar ada 9 jumlah nama desa, sambil memperlihatkan lembaran nama-nama desa kepada media Menit7.com, Kamis (16/11).

“Data itu masih lama, nanti saya tanya pegawai saya,” kata Jumardi sambil menyuruh salahsatu pegawainya untuk mengecek nama desa di Kecamatan Bonehau.

Tak lama berselang, salahsatu pegawai datang mengatakan, bahwa nama desa Lumika 1 benar keberadaannya.

“Betul nama desa Lumika 1 ada di Kecamatan Bonehau,” katanya.

Saat dikonfirmasi Camat Kecamatan Bonehau Alexander Pattola, melalui telpon selulernya.Ia mengatakan nama desa Lumika 1 sudah tidak ada.

“Nama desa Lumika 1 dulu ada, tapi sekarang sudah tidak ada lagi dan dihapus,” kata Alexander.#Jay/M7

3,550 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan