Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Menyambut HJB ke 668, Raja se-Nusantara Saksikan Prosesi Mattompang

Menyambut HJB ke 668, Raja se-Nusantara Saksikan Prosesi Mattompang

BONE,MENIt.com. Dalam rangka menyambut Hari Jadi Bone Ke 688 tepatnya tanggal 6 april 2018, Untuk itu dilaksanakan Prosesi Mattompang,  yakni pembersihan terhadap benda benda pusaka peninggalan Raja Bone di Arrajjange Kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone, Senin 02 april 2018 siang tadi.

Prosesi ini dilakukan menjelang pelaksanaan Mattompang Arrajjang pusaka peninggalan Raja Bone yang dilakukan oleh Pjs Bupati Bone, Ir. H. Andi Bakti Haruni. Dalam proses mattompang dihadiri 41 Raja, Datuk, Sultan dan Ketua Pemangku Adat se-Nusantara.

Pjs Bupati Bone Ir. A. Bakti Haruni,  mengatakan, kami sungguh berbangga hati, merasa terhormat, oleh para Raja, Datuk dan Sultan se-Nusantara atas kehadirannya di prosesi adat ini.

“Begitu besar penghargaan kepada kami, untuk pertama kalinya, tuan-tuan yang kami hormati telah hadir untuk turut serta merayakan Hari Jadi Bone,Mattompang arrajang hanya sebuah prosesi untuk penghormatan atas kebesaran para leluhur kami atas apa yang di wariskan dari pendahulu kami,” pungkasnya

Kehadiran bapak dan ibu tentu adalah sebuah semangat untuk mengembangkan dan menjaga adat dan budaya yang telah diwariskan selama ini.

“Kami menghaturkan permohonan maaf sekiranya selama kunjungan dan prosesi Adat kami ada yang tidak berkenaan di hati para raja dan Sultan, kami mohon dimaafkan,” Ujarnya
(Andi Syam)

1,086 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan