Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Menerima Suap Saat Menjabat, Mantan Bos BUMN Dipenjara 16 Bulan

Menerima Suap Saat Menjabat, Mantan Bos BUMN Dipenjara 16 Bulan
Otto Geo Diwara Purba saat disidang. (Foto-Rin)

SAMARINDA, MENI7.Com –  Berakhir sudah proses hukum yang dijalani mantan Manager Service Region VI Pertamina Balikpapan, Otto Geo Diwara Purba. Siang kemarin, Selasa (31/10) nasib salah satu perusahaan BUMN itu telah ditentukan ketukan palu Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Samarinda yang dipimpin Joko Sutrisno.

Majelis hakim beranggapan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terbukti. JPU menganggap Otto melanggar pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 31 Tahun 2001, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Atas perbuatannya, hakim menjatuhkan vonis 16 bulan penjara kepada Otto. Selain itu Otto juga didenda Rp 100 juta atau bila tak bisa membayar, diganti kurungan penjara 2 bulan.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU yang meminta hakim menjatuhkan vonis 24 bulan atau 2 tahun penjara kepada Otto.
Sementara uang Rp1. 367.000.000 yang disita terkait kasus tersebut, dirampas untuk negara.
Kasus tersebut, sesuai dakwaan JPU Otto diduga menerima suap dan korupsi semasa menjabat. Yaitu dalam rentang waktu 2013 hingga 2015. Total uang yang diterima Otto dari rekanan perusahaan jumlahnya disebut mencapai Rp2 miliar.#rin/sp/m7.

3,540 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan