Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

LSM Derak Desak Kejati Gorontalo Tuntaskan  Kasus Korupsi UNG

LSM Derak Desak Kejati Gorontalo Tuntaskan  Kasus Korupsi UNG

Gorontalo, Menit7.com-Ketua  Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  DPD Dewan Rakyat Anti Korupsi ( DPD  Derak)   Provinsi Gorontalo, Larisman Ishak,SH mendesak  Kejaksaan  Tinggi Gorontalo, untuk menuntaskan kasus korupsi Univesitas Negeri Gorontalo ( UNG).

Kasus  Korupsi  Proyek  pengadaan alat laboratorium  tahun 2010 senilai Rp 24 M ini mencuat pada tahun 2017 lalu, setelah penyidik Kejaksaan  Tinggi  menetapkan  Dr Nawir Noho  Sune, M.Si  sebagai tersangka,,selaku pejabat Pembuat Komitmen ( PPK) yang kini terpidana 4 tahun 6 bulan  penjara berdasarkan putusan Pengadilan Tipikor Gorontalo, dengan denda Rp. 200 juta, subsidair  3 bulan  penjara.

Ketua DPD Derak Gorontalo, mendesak Kejati untuk menentuskan kasus tersebut, karena  dalam amar putusan  pengadilan menyebutkan ada pihak-pihak lain yang terlibat dalam kasus tersebut, baik langsung maupun tidak langsung menimbulkan kerugian keuangan negara. Sehingga perlu dimintai  pertanggungjawaban dalam perkara a quo.

Bahwa  secara bersama-sama  melakukan tindak pidana  sebagaimana diatur  dalam pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP telah terpenuhi. Olehnya itu nama-nama yang disebutkan dalam putusan pengadilan Tipikor Gorontalo tersebut  segera ditindak lanjuti.

Menurut Larisman Ishak, atasnama keadilan   agar pihak  Kejati   Gorontalo, segera memproses dan menindak lanjuti putusan Pengadilan, yang terang benderan menyebutkan sejumlah nama  terkait dengan kasus korupsi di UNG .

Dan  bila tidak ditindak lanjuti dalam  waktu singkat ini, Derak akan melaporkan KeJaksaan Agung RI dan Presiden Republik Indonesia, karena kasusu ini   mendapat perhatian  besar masyarakat provinsi Gorontalo. “ dan ini adalah salah satu kasus Korupsi yang menonjol di Provinsi Gorontalo,”  jelas Larisman.

Kepada Meniot7.com. Larisman Berjanji  akan membeberkan nama-nama  pejabat UNG, sebagaimana yang diesebutkan dalam amar putusan pengadilan Tipikor Gorontalo, Nomor:8/Pid-Sus/2017/PN.Gto. Dimana dalam 2 kali pencairan jaminan  geransi bank selalu diketahui saksi-saksi, selaku pejabat di Universitas Gorontalo. (Uc/menit7)

Berita berlanjut dan akan diverifikasi lebih lanjut

1,149 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan