Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

LAZIZNU Buka Rumah Sedekah di Malang

LAZIZNU Buka Rumah Sedekah di Malang

MALANG, MENIT7.com-Saat ini banyak permasalahan permasalahan yang dialami masyarakat, seperti masalah ekonomi, sosial dan kesehatan. Kondisi ini mendorong banyak pihak yang peduli untuk bersama- sama menanggulangi masalah tersebut.

Seperti tadi malam (9/02/2018), sebuah organisasi yang merupakan bagian dari kelompok besar umat islam di Indonesia yaitu organisasi NU, yaitu LAZIZNU mengadakan satu acara rapat kerja PW NU – CARE. Dalam rapat kerja itu membahas tentang pendirian rumah sedekah cabang kota Malang.

Menurut ketua LAZIZNU, Gus Noorshodiq Askandar, awalnya melihat Malang sebagai kota religius, tetapi gerakan-gerakan besar yang punya kemanfaatan itu kurang. “Karena itu kita ingin mengembangkan gerakan sodaqoh di Malang.
Nanti sebagai inisiasi awal, kita akan bikin Rumah Sedekah, yang nantinya akan menjadi lembanga yang merencanakan dan menyusun kegiatan – kegiatan yang berkaitandengan sedekah, “ujarnya.

Kata dia, dalam program ini menerapkan kerjasama, dengan pengusaha, dunia perbankan, pendidikan dan kesehatan. Kedepan, yang di programkan di Malang ini, juga akan di kembalikan untuk masyarakat Malang juga.

Dia mencontohkan misalnya, menggalang shodaqoh di rumah sakit, maka kita mewujudkan shodaqoh itu untuk memberikan bantuan, bagi masyarakat agar terlayani dengan baik kesehatannya.

Sedang untuk pendidikan akan memberi bantuan biaya bagi siswa, dan untuk dunia usaha, akan ada kegiatan berbagi.

Pada malam hari ini Jumat (9/02/2018) bertemu. yang dihadiri dari Ikatan Saudagar Muslim, Ocen Garden, Ayam Nelongso, ITVUNIRA, Rektor-Rektor Perguruan Tinggi, motivator dan Perbankan.

“Kita bekerjasama dengan pihak perbankan, agar masyarakat dalam menyalurkan sodaqohnya lebih mudah.
Kami juga nantinya akan membuat aplikasi-aplikasi yang bisa di download masyarakat melalui geogle playstore, terkait hal ini, “tandasnya.

Terkait dengan organisasi ini, memang LAZIZNU adalah bagian dari 18 lembaga Amil Infaq dan Shodaqoh NU, tetapi walaupun pengorganisasian lewat LAZIZNU, ini berlaku untuk masyarakat umum, baik itu warga NU atau bukan, muslim atau bukan muslim, tetap akan mendapatkan bantuan tersebut.

Di Jawa Timur kantor pusat Rumah Sedekah ini ada di Surabaya. Kini mulai juga dibuka di Jombang, Kediri dan Ngawi.

Di Jombang di bentuk desa Zakat, Infaq dan Shodaqoh, dan di sana telah memberikan bantuan kartu sehat, agar masyarakat bisa langsung berobat tanpa harus menggunakan BPJS lagi, pada rumah sakit yang bekerjasama dengan kami.

Sementara di Ngawi di mempunyai program kambing bergilir dan shodaqoh pisang. Ini karenakan di sana masyarakat rata-ratanya adalah petani, maka implementasi programnya, adalah dengan memberikan idukan kambing agar masyarakat memelihara kambing (jadi peternak). Mereka juga berkesempatan memilih, untuk memelihara anaknya atau induknya, untuk kemudian salah satunya di berikan sebagai Shodaqoh.

Untuk shodaqoh pisang, penerapannya adalah memakai lahan warga dan memberikan bibit pohon pisang, untuk bisa mereka tanam kemudian hasilnya akan di shodaqohkan.

Sementara untuk Malang nantinya akan melakukan gerakan ekonomi kreatif. Sebagai contoh kemarin, sudah melakukan pelatihan ibu-ibu, di desa Pagelaran Malang untuk membuat bros. Ini diharapkan nantinya juga ada wilayah-wilayah, yang punya tema-tema tersendiri.
Sedang untuk sinergitas dengan pemerintah, untuk sementara ini belum ada, karena masih ingin mengefektifkan partisipasi masyarakat agar lebih mandiri.

Untuk kepengurusan Rumah Sedekah di Malang ini baru buat, sedang untuk Jawa Timur ketuanya adalah Gus Noorshodiq Askandar dan Gus Didin. “Rencana untuk team inti kemungkinan penggurusnya ada 9 -15 orang, ” pungkasnya.#haluddin/m7.

1,592 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan