Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Lanal Mamuju Gelar Latihan SAR Gabungan Korban Kecelakaan Laut

Lanal Mamuju Gelar Latihan SAR Gabungan Korban Kecelakaan Laut

Mamuju, Menit7.com-Pangkalan TNI AL Mamuju (Lanal) laksanakan latihan SAR gabungan dan latihan Selam bersama Polairud Polda Sulbar, Kodim Mamuju, Basarnas Mamuju, BPBD Mamuju, PSDKP Sulbar, Possi Sulbar dan Manakara Diving Club (MDC). Kamis 14/11/19

Latihan yang dilaksanakan di depan perairan Mako Lanal Mamuju ini mendatangkan instruktur dari Basarnas Makasar untuk pengenalan selam dasar. Pada latihan ini diberikan materi kelas terlebih dahulu untuk kemudian kelas lapangan, agar pelaksanaan latihan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Komandan Pangkalan TNI AL Mamuju Letkol Marinir La Ode Jimmy Herizal R., M.Tr. Hanla., M.M mengatakan “Kejadian Laka Laut ini selalu ada, jadi kita harus sinergi, nanti kita akan adakan latihan kembali dengan waktu yang lebih panjang. Latihan ini rutin dilaksanakan setiap triwulan, agar personel dapat merefresh kembali pengetahuan dasar selam yang pernah didapatkan, disamping itu menjaga profesionalitas prajurit bila sewaktu-waktu diminta bantuan pelaksanaan SAR saat terjadi bencana”.

Latihan kali ini dipimpin oleh Pasop Lanal Mamuju Kapten Laut (P) Sulihin didampingi Pasintel Lanal Mamuju Kapten Laut (KH) Tanno. Dalam pelaksanaan latihan akan ada skenario penyelamatan korban tenggelam di laut serta dilatihkan tehnik dan tahapan penyelamatan agar keamanan dapat terjaga sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Jumlah personel Lanal Mamuju terbatas, namun orang lain mengenal kami adalah TNI Angkatan Laut, sehingga tidak ada alasan untuk tidak memiliki kemampuan dalam SAR maupun selam, oleh karena itu kami akan terus meningkatkan profesionalitas dengan mengadakan latihan-latihan rutin bersama instansi vertikal yang berada di Sulawesi Barat, tutup Danlanal. (Pen Lanal Mamuju/John Tanno).

3,095 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan