Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Lagi-Lagi Lapas Rusuh dan Dibakar Napi

Lagi-Lagi Lapas Rusuh dan Dibakar Napi

BANDA ACEH, MENIT7.com-Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kembali dibakar penghuninya sendiri.  Lapas kelas II A,  Banda Aceh di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar  terbakar dan rusuh, Kamis (4/1/2018). Kejadian ini  mulai  sejak pukul 11.00 WIB.

 

Akibat kerusuhan itu, sejumlah  ruangan dan kaca di bagian depan LP dirusak dan dibakar narapidana (napi). Para  Narapidana didalam lapas seperti lepas kendali dan mengamuk melempari batu petugas.

 

Namun berdasarkan informasi yang dihimpun,, kerusuhan itu terjadi,  berawal dari adanya informasi akan dipindahkannya tiga napi oleh  petugas Polresta Banda Aceh.

 

Ke tiga napi yang belum diketahui identitasnya itu,  sering berkeliaran di luar LP. Sehingga  ketika napi akan dipindahkan ke Lapas Medan, Sumatera Utara, sebagian penghuni  tidak terima situasi di dalam LP pun mulai panas.

Mereka berteriak  menolak  dan melempar sejumlah  petugas batu dan barang yang bisa dilempar. Kerusahan pun tak terhindarkan. Lagi.

 

Di luar penjara tersebut terlihat asap hitam yang membubung. Belum diketahui apa yang terbakar.

Sekitar delapan mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Banda Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar tampak menyemprotkan air dari luar bangunan penjara tersebut.

 

Kerusuhan di Lapas Lambaro, Aceh Besar, bukanlah kali  pertama terjadi. Pada tahun 2015, lapas ini  juga dilanda kerusuhan dan nyaris dibakar narapidana.

 

Peristiwa  pada  Jumat  malam, 6 Nopember tahun 2015 silam, sekitar pukul 18 .00 WIB, terjadi setelah sekitar 500  narapidana mengamuk karena tidak mendapat pasokan air untuk mandi dan kebutuhan selama  tiga hari.(Srb/uc/m7)

2,842 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

51 Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan