Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

KPU Bone Sosialisasi Tata Cara untuk Calon Bupati Independen

KPU Bone Sosialisasi Tata Cara untuk Calon Bupati Independen

BONE, MENIT7 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone mensosialisasikan cara pencalonan bakal calon Bupati Bone tahun 2018 di Hotel Novena Jalan Ahmad Yani, Bone, Sabtu (16/9/2017).

Puluhan peserta yang hadir dari berbagai elemen Ormas, LSM dan Pers ,perwakilan Partai Politik (Parpil) dan tim sukses. Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU Bone, Aksi Hamzah.

Ernida selaku teknis penyelenggara KPU Bone menyampaikan pensyaratan pencalonan untuk partai politik atau gabungan partai , dengan keputusan KPU provinsi /KIP kabupaten/kota sebelum pengumuman pendaftaran pasangan calon bupati.

Pasangan calon dari partai politik mengusulkan, pasangan calon menggunakan ketentuan memproleh paling sedikit 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah, ketentuan tersebut berlaku bagi partai politik yang memproleh kursi di DPRD pada pemilu terakhir.

Seperti dikatakan Ernida dalam pemaparannya

“Dalam dukungan calon independen atau perseorangan , penduduk yang dapat memberikan dukungan yaitu penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih yang berdomisili di daerah pemilihan,” terangnya.

Selain itu, diibuktikan dengan KTP elektronik atau surat ketengan yang di terbitkan, catatan sipil kependuduka, mengesahkan berdomisili di daerah itu paling singkat satu tahun, kata Ernida.

KPU Bone menetapkan jumlah dukungan persyaratan bakal calon jalur independen/ perseorangan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bone tahun 2018 sebanyak 41.980 dukungan.

Jumlah ini adalah tujuh setengah persen dari rekapitulasi DPT terakhir. Selain itu dukungan bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Bone tahun 2018 akan datang di haruskan memiliki dukungan paling sedikit 14 kecamatan, itu sudah menjadi ketentuan dan pensyaratan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bone tahun 2018 untuk jalur Independen. jumlah tersebut merupakan 50 persen jumlah dari 27 kecamatan yang ada di Kabupaten Bone.

“Selain daripada itu, ada sanksi-sanksi bilamana bakal calon melakukan pelanggaran- pelanggaran yang di tetapkan oleh KPU Bone adalah bisa sanksi pidana,” ungkap Ernida.(Junaid/M7)

3,476 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

33 Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan