Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Korupsi Sawit Bibit Unggul Tunggu Audit BPKP

Korupsi Sawit Bibit Unggul Tunggu Audit BPKP

PASANGKAYU, MENIT7.COM. Kasus dugaan korupsi pengadaan sawit bibit unggul tahun anggaran 2013 masih terus bergulir. Kasus ini tinggal selangkah lagi untuk menentukan tersangkanya. Penyidik Kepolisian Resort Mamuju Utara di Padsangkayu, masih terus malakukan penyidikan, dan telah melakukan koordinasi pihak Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan ( BPKP) Provinsi Sulawesi Barat, guna melakukan investigasi kerugian negera.

Kasus ini mulai mencuat ke permukaan tahun 2014 silam saat munculnya dugaan adanya pengadaan bibit unggul palsu pada kantor Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat. Bibit tersebut diduga kuat tidak memilik sertifkat dari penangkaran asal usul bibit sawit di Sumatera.

Informasi yang dihimpun menit7.com, Surat Dukungan dari Bakti Tani Nusantara (BTN) di pulau Batang berupa Sertifikat Kelayakan sawit ( SB2BKS) diduga kuat palsu dan dibuat oleh oknum dari Dinas perkebunan Sulbar.

Proyek pengadaan bibit unggul dari ASPBD Provinsi Sulawesi Barat senilai Rp. 2,4 Milyar ini, rencananya akan dibagikan secara gratis kepada sejumlah kelompok tani sawit di Kabupaten Mamuju Utara, yang kini menjadi Kabupaten Pasangkayu.

Kepala Kepolisian Resort Mamuju Utara, AKBP Made Ary Pradana saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa pihaknya masih terus melakukan penyidikan, juga telah melakukan koordinasi dengan BPKP dan sudah dilakukan investigasi tinggal menunggu hasilnya auditnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Hubungan masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulawesi Barat, AKBP Hj Mastura, saat dikonfirmasi melalaui WhatsAppnya.

“ saat ini proses penyidikan terus berlanjut, kordinasi juga sudah kami lakukan dengan BPKP dan sudah dilakukan investigasi oleh BPKP. Saat ini kami menunggu hasil auditnya,” jelas Kapolres Matra.

Keseriusan pihak penyidik Polres Mamuju Utara untuk menuntaskan kasus ini. Pihak Penyidik Tipikor Polres Matra mengajukan surat permintaan kepada Dinas Komunikasi Informasi, statistik dan Persandian Sulbar, untuk persetujuan membuka Username dan pasword LPSE pada paket pekerjaan kode lelang 615263.(Ucheng/menit)

368 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan