Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Kisah Jack Ma, Gagal Dulu Sukses Kemudian

Kisah Jack Ma, Gagal Dulu Sukses Kemudian

INSPIRATIF – Nama Jack Ma tentu sudah tidak asing di telinga. Pendiri e-commerce terbesar di Tiongkok, Alibaba, Jack Ma pun dinobatkan menjadi orang terkaya nomor dua di negeri tirai bambu itu, dan orang terkaya ke 23 di dunia dengan total nilai kekayaan mencapai US$ 39,1 miliar.

Namun tentu kesuksesan yang dimiliki Jack Ma saat ini tidak didapatkan dengan mudah. Bahkan, ia pun sering mengalami kegagalan. Namun berkat kegigihannya dan sikap pantang menyerah yang dimilikinya, ia pun dapat menjadi seorang yang sukses saat ini.

Dikutip dari Entrepreneur.com, berikut adalah kegagalan Jack Ma yang tidak diketahui oleh banyak orang.

1. Gagal Berkali-kali Dalam Tes Masuk Sekolah.

Pada saat duduk di bangku sekolah, Jack Ma bukanlah murid yang cerdas. Jack Ma pun sempat beberapa kali pindah sekolah. Saat tes masuk sekolah dasar, Jack Ma gagal dua kali. Pada saat masuk SMP, ia pun juga gagal tiga kali.

Namun Jack Ma membuktikan bahwa orang cerdas tidak harus memiliki IQ tinggi. Bahkan menurut penelitian, orang dengan IQ tinggi dan memiliki segudang prestasi di sekolah justru cenderung akan menjadi karyawan dengan kehidupan yang lebih aman dan stabil.

2. Ditolak Masuk Harvard 10 Kali.

Tanpa banyak diketahui, rupanya Jack Ma pernah gagal masuk Harvard 10 kali. Namun kegagalan ini tidak membuat Jack Ma jatuh, melainkan ia memilih bangkit dan melanjutkan hidup.

3. Ditolak oleh 30 Perusahaan.

Setelah lulus dari Hangzhou University, Jack Ma mencoba mengajukan lamaran ke 30 perusahaan. Namun seluruh lamarannya tersebut ditolak. Jack Ma pun tidak tahu apa yang diinginkannya dalam hidup. Ia mencoba berbagai peluang pekerjaan, salah satunya adalah dengan menjadi petugas kepolisian.

4. Melamar Sebagai Karyawan KFC dan Ditolak.

Tak banyak diketahui pula, Jack Ma pernah melamar menjadi karyawan KFC dan ditolak. Pada saat itu, KFC menerima 23 pelamar sebagai pekerja dari 24 kandidat, dan Jack Ma lah menjadi satu-satunya kandidat yang ditolak.

5. Usaha Pertamanya Bangkrut.

Bisnis yang dijalani Jack Ma pun tidak sukses begitu saja. Jack Ma yang kala itu ingin membuat bisnis di internet, meminjam uang pada temannya sejumlah US$2.000 untuk membuat situs tentang Tiongkok. Namun usaha pertamanya ini pun bangkrut karena kalah dengan China Telecom, pesaingnya.

6. Melakukan Banyak Kesalahan Saat Membesarkan Alibaba.

Pada saat membesarkan Alibaba pun Jack Ma tidak luput dari kegagalan. Jack Ma saat itu rupanya tidak memiliki cukup teknologi dan uang. Saat bekembang, Jack Ma pun takut bahwa Alibaba berkembang terlalu cepat.

Jack Ma pun tidak mempunyai sumber daya yang cukup, termasuk uang dan karyawan. Bahkan pada 2002, Jack Ma mengungumkan bahwa Alibaba hanya meraup untung US$1.

Sederet kegagalan yang dialami Jack Ma semasa hidupnya sama sekali tidak membuatnya menyerah. Malahan, hal ini digunakan Jack Ma untuk terus belajar dan bangkit. Jadi jangan menyerah ya menghadapi kegagalan! gagal.(**)

Oleh: Evelyn Davsy

2,216 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan