Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Ketua IJS: Wartawan Besar dari Media, Bukan dari Dewan Pers

Ketua IJS: Wartawan Besar dari Media, Bukan dari Dewan Pers

MAMUJU, MENIT7 – Adanya informasi beredar bahwa Dewan Pers, akan memverifikasi media pada akhir tahun 2018. Selain itu wartawan harus punya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) baru bisa mengadakan liputan dan wawancara untuk mendapatkan pemberitaan.

Informasi itu mendapat tanggapan Ketua Ikatan Jurnalis Sulawesi Barat (IJS) Irham Azis, S.Ip, saat ditemui Menit7.com, Jumat (25/8/2017). Dia menilai jika berita dan informasi itu betul, Dewan Pers sudah kehilangan rohnya.

Menurutnya selama ini Dewan Pers (DP) sebagai perwakilan aspirasi para wartawan dinilai tidak pernah membantu, jika wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya mengalami tindak kekerasan, intimidasi bahkan berujung kematian.

“Dewan Pers selama ini kami nilai tidak ada pembelaan kepada wartawan, seperti tindak kekerasan dalam menjalankan tugas jurnalisnya,” kata Irham Azis dikenal getol memperjuangkan jika ada wartawan di intimidasi dengan kekerasan di Mamuju.

Lanjut dikatakan, Dewan Pers sudah kehilangan rohnya sebagai perwakilan wartawan, selain itu wartawan besar dari karya tulisnya dimana dia bekerja, bukan Dewan Pers yang membesarkan wartawan.

“Intinya wartawan besar dari karya jurnalisnya dan media ditempati bekerja, bukan Dewan Pers ko yang memberi gaji wartawan, jika Dewan Pers mau dihargai jangan selalu membuat aturan yang tidak profesional. Sepertinya Dewan Pers mengotak-ngotakkan organinasi wartawan,” ungkapnya. (M7 1)

2,348 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan