Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Kabar Baik! Kadinkes Sulsel Sebut: 12 Kabupaten Aman Covid-19

Kabar Baik! Kadinkes Sulsel Sebut: 12  Kabupaten Aman Covid-19

MAKASSAR, MENIT7.COM – Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan dr. Ichsan Mustari MHM menyatakan, 12 wilayah atau daerah aman covid-19 akhir Mei 2020. Pertimbangannya, karena angka reproduksi efektif (Rt) dibawah satu coronavirus disease 2019 (Covid)-19.

“Duabelas wilayah yang dinyatakan aman dan dikelompokkan dalam Rt dibawah satu dengan jumlah pasien positif nol,” kata Ichshan Mustari, Minggu (31/05/2020).

Menurut Ichsan, kasus Covid-19 semakin menurun dibuktikan dengan adanya 12 Kabupaten yang dinyatakan aman. Karena
sampai saat ini angka sembuhan semakin tinggi dan kasus Covid-19 semakin menurun. Angka reproduksi (RT) virus pun juga menurun di posisi dibawah satu yang sebelumnya capai angka 3,8.

Berikut Kabupaten yang telah dinyatakan aman dari Covid-19: Bantaeng, Barru, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Selayar, Pangkep, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Palopo, Pinrang.

Ichsan mengungkapkan, pernyataan Gubernur Sulsel Prof. H.M. Nurdin Abdullah yang mengandung harapan, tentang akhir pandemi Corona – 19 pada akhir Mei 2020 dapat dimaknai bahwa proses penanganan Covid – 19 segera berakhir.

“Pernyataan itu berlandaskan pada indikator bahwa pada pertengahan Mei 2020, kurva orang yang terpapar Covid – 19 di Sulsel melandai. Jumlah pasien yang sembuh mencapai 39 persen lebih. Ini rasio tertinggi secara nasional,” tuturnya.

Ia menjelaskan virus Covid-19 memang tidak bakalan habis sama sekali sampai vaksin dan obat-obat ditemukan. Tetapi bisa ditangani secara medis dalam kondisi normal.

Jumlah persediaan kamar rumah sakit jauh melebihi cukup. Demikian juga dokter dan fasilitas untuk karantina terpusat. Indikator-indikator tersebut dan sistem penanganan yang tertata baik dilakukan terpusat di Makassar diharapkan pandemi Covid -19 di Sulsel selesai akhir Mei 2020. (*/anto)

2,332 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan