Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

JK Sebut Media Harus Megedepankan Substansi Bukan Hanya Kecepatan Berita

JK Sebut Media Harus Megedepankan Substansi Bukan Hanya Kecepatan Berita

JAKARTA, MENIT7 – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) mengatakan, media siber memiliki peran penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Dia berpesan agar pelaku media tidak hanya mengedepankan kecepatan berita namun juga memperhatikan substansinya.

“Anda lah yang mempengaruhi opini orang di Indonesia. Kalau input itu benar maka benar pikiran orang, kalau imput-nya salah, ya tentu salah pikiran orang,” ujar Jusuf Kalla saat meresmikan pembukaan Kongres I Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Hotel Akmani, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Menurut Jusuf Kalla, mayoritas media siber saat ini mengesampingkan isi berita demi mengejar kecepatan berita. Dia membandingkan, media massa konvensional pada masa dahulu fokus dengan isi berita yang akan ditayangkan sebelum disajikan kepada masyarakat. Sehingga, berita-berita tidak benar atau hoax tidak merajalela seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, Jusuf Kalla berharap AMSI bisa menyajikan informasi dan berita-berita yang obyektif kepada masyarakat agar dapat membangun bangsa. Selain itu, dia juga mengimbau para pelaku media untuk patuh pada kode etik jurnalistik.

“Jadi itulah perlunya kita semua dan anda punya etika, kita memberikan informasi itu bisa mempengaruhi opini sekarang, kalau anda kasih hoax maka terjadilah perkelahian di masyarakat, jadi saya harap ini menjadi perhatian kita semua agar masyarakat damai,” kata Jusuf Kalla.(**/M7)

2,220 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan