Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Jepang Tawarkan Indonesia Beasiswa untuk S1 dan SMA Sederajat

Jepang Tawarkan Indonesia Beasiswa untuk S1 dan SMA Sederajat
Ilustrasi

JAKARTA, MENIT7.com —  Kedutaan Besar Jepang membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa/mahasiswi Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di universitas di Jepang. Kesempatan ini diberikan untuk lulusan strata 1 dan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Beasiswa sebagai research students (S2 / S3) pada tahun akademik 2019 (tahun ajaran baru per April 2019/ per Oktober 2019) dalam Program Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho). Pelamar beasiswa ini harus memiliki TOEIC minimal 820/ nilai Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level 2/N2.

Untuk lulusan S1, persyaratan pelamar beasiswa adalah berkewarganegaraan Indonesia dan lahir setelah tanggal 2 April 1984. Pelamar harus memiliki IPK dari universitas jenjang pendidikan terakhir diutamakan minimum 3,2 dan memiliki nilai TOEFL diutamakan minimum 570/ TOEFL-IBT minimal 80/ IELTS minimal 6.5.

Selain tiket pergi pulang, uang masuk universitas, uang kuliah dibiayai dengan beasiswa. Pemerintah Jepang (Monbukagakusho), para mahasiswa akan menerima uang setiap bulannya untuk biaya kehidupan sehari-hari.

Registrasi Online dan Formulir pendaftaran dapat diperoleh pada website Kedutaan Besar Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs2019.html). Dokumen lamaran harus diserahkan kembali kepada Kedutaan Besar Jepang sebelum tanggal 8 Mei 2018, secara langsung atau dikirim melalui pos (paling lambat 8 Mei 2018 dokumen sudah harus diterima).

Sementara untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA dan sederajat), pelamar dapat melanjutkan pendidikan ke Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, atau Speciallized Training College/SENSHU di Jepang untuk tahun akademik 2019 (April 2019) mendatang. Pelamar hanya bisa mendaftar salah satu program saja.

Sebelum masuk universitas/college, penerima beasiswa akan belajar di preparatory school (sekolah persiapan masuk universitas) pada tahun pertama kedatangannya di Jepang. Di preparatory school, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (bagi jurusan IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi jurusan IPA).

Fasilitas yang akan didapat dari beasiswa ini antara lain : biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 Yen/bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang, dan bebas biaya pengurusan visa pelajar. Beasiswa ini diberikan tanpa ikatan dinas.

Syarat-syarat pelamar beasiswa ini adalah warga negara Indonesia, lulusan SMA, SMK atau sederajat. Pelamar dilahirkan antara tanggal 2 April 1994 sampai dengan tanggal 1 April 2002. Pelamar memiliki nilai minimal rata-rata Ujian Nasional:

84 untuk program GAKUBU, 80 untuk program KOSEN (hanya terbuka untuk SMA/SMK Jurusan IPA saja), 80 untuk program SENSHU. Untuk prosedur pendaftaran dan informasi lebih rinci, mohon membaca di website Kedutaan Besar Jepang Program GAKUBU http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2019.html. #SP/M7.

1,194 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan