Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

IJS, JOIN dan IWO Sulbar ‘Pasang Badan’ Jika HMI Laporkan Wartawan

IJS, JOIN dan IWO Sulbar ‘Pasang Badan’ Jika HMI Laporkan Wartawan

MAMUJU,MENIT7.Com – Organisasi Wartawan di Sulbar angkat bicara perihal polemik pemberitaan yang dinilai memojokkan HMI Cabang Manakarra. Bahkan,tiga organisasi Wartawan Sulbar sepakat menyatakan tulisan yang sampaikan sejumlah media online, telah sesuai Kode Etik Jurnalis (KEJ),terkait aksi kader HMI yang diduga memecahkan kaca di kantor DPRD Mamuju.

Tiga lembaga Media tersebut, yakni Ikatan Jurnalis Sulbar (IJS), Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulbar, dan Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Sulbar, menggelar pertemuan di salah satu Warkop di Mamuju, Sabtu (28/10/2017).

Rapat yang dihadiri beberapa pimpinan media cetak, Online dan TV ini, sebagai bentuk kebersamaan dan bukti kekompakan Wartawan di Subar. Untuk itu, organisisi pers tersebut siap mendampingi wartawan maupun media, yang akan dilaporkan oleh mereka yang menilai dirugikan oknum tertentu.

Bahkan, tiga lembaga tersebut menyatakan siap pasang badan, apa bila HMI melakukan laporan ke penegak hukum.

Ketua IJS Sulbar, Irham Asiz menyatakan, persoalan pemberitaan yang dianggap menyudutkan HMI Cabang Mamuju. Irham menilai,berita yang disampaikan media online,tidak melanggar kode etik. Apalagi,narasumber yang dituangkan dalam berita telah jelas memiliki kapasitas untuk berkomentar.

“Ketika persoalan ini sampai ke ranah hukum, saya akan tetap mengawal dan siap mendatangkan pengacara karena saya anggap pemberitaan ini sudah benar dan berimbang,”jelas Irham Asiz.

Hal yang sama di sampaikan Ketua IWO Sulbar, Muh. Basri mengatakan, persoalan pemberitaan sudah di atur dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, dimana seseorang, atau lembaga yang merasa di rugikan dalam sebuah pemberitaan berhak melakukan hak jawab.

“Sebagai ketua IWO Sulbar,saya juga akan siap mengawal kasus tersebut, apabila rekan-rekan HMI membawa persoalan ini ke ranah hukum,dan jika di perlukan dan itu mendesak,saya akan datangkan pengacara nasional,” tegas M. Basri.

Sementara Ketua JOIN Kabupaten Mamuju, Lalu Artana mengatakan, bahwa akan tetap mengawal persoalan ini.

“Saya selaku Ketua JOIN Kabupaten Mamuju, siap ikut mengawal kasus ini, dan akan mencurahkan tenaga dan pikiran, untuk membantu semua teman-teman jurnalis di yang memiliki masalah,” ucap pimpinan salah satu media cetak dan online ini. (*/)

3,268 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan