Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

HMI-MPO Akan Bentuk Tim Pengkajian Islah

HMI-MPO Akan Bentuk Tim Pengkajian Islah

PALU,MENIT7.com- Formatur Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO), Zuhad Aji Firmantoro mengatakan akan membentuk tim Pengkajian Islah antara HMI-MPO dan HMI, usai dilantik sebagai Ketua Umum PB HMI-MPO bulan Maret mendatang.

Strategi islah ini akan dilakukan melalui strategi kultural, yakni dimana kedua Organisasi Islam ini bekerjasama diberbagai kegiatan-kegiatan, mulai dari tingkatan Pengurus Besar hingga tingkatan pengurus Cabang. Hal ini bertujuan untuk membangun kembali kebersamaan dan saling mengenal antara satu sama lain.

“Sesuai amanah Kogres HMI-MPO Ke XXXI di Sorong, Provinsi Papua Barat. Bahwa akan membentuk tim pengkajian sebagai upaya islah antara HMI-MPO dan HMI, Ungkapnya.

Hal tersebut diungkapkan dalam kunjungannya di Kantor Tri Media Group, Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (20/2/2018).

Sebelumnya, pihaknya sudah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum PB HMI, Mulyadi P Tamsir untuk memperbincangkan bagaimana masa depan HMI-MPO dan HMI. Zuhad mengakui bahwa, terpecahnya Organisasi Mahasiswa Islam terbesar ini, sudah berjalan cukup lama. Mestinya hal tersebut sudah selesai pasca reformasi bergulir dan praturan perundang-undangan tentang asas tunggal sudah di cabut.

“HMI-MPO merupakan bentuk ekspresi perlawanan terhadap otoritarianisme orde baru kala itu. Bukan melawan asas tunggal, bukan pula melawan pancasila, tapi otoritarianisme orde baru yang kami lawan,” jelasnya.

Selain itu, mantan Ketua Umum HMI Cabang Yogyakarta ini juga mengatakan membuka pintu seluas-luasnya untuk berdialog, seperti yang pernah dilakukan sebelumnya. Hanya saja, ada beberapa catatan, seperti mencabut laporan dari Ketua Umum PB HMI, Mulyadi P Tamsir kepada Ketua Umum HMI-MPO, Muhammad Fauzi yang saat ini posisinya masih sebagai terlapot.

“Pembicaraan islah ini tetap kami akan bicarakan. Kami sadar, kita HMI, satu himpunan. Kami tetap berkomitmen membuka ruang dialog seluas-luasnya”, ujarnya#adhi.

1,650 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

One Response

Tinggalkan Balasan

Dibagikan