Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Habib Husain Al-Muthahar, Pencipta Lagu 17 Agustus Tahun 45

Habib Husain Al-Muthahar, Pencipta Lagu 17 Agustus Tahun 45

MENIT7.COM – Selama ini kita hanya mengenalnya sebagai H. Muthahar, pencipta puluhan lagu wajib nasional. Ternyata adalah seorang habib, keturunan Rasulullah SAW.

Nama lengkapnya adalah Habib Muhammad Husein Muthahar, paman dari Habib Umar Muthahar Semarang. Dia juga dikenal sebagai penyelamat bendera pusaka asli (saat Agresi Militer Belanda II) dan pendiri Paskibraka.

Terkait penciptaan lagu Hari Merdeka, ada satu cerita yang menarik. Ternyata inspirasi lagu Hari Merdeka ini muncul secara tiba-tiba, saat ia sedang berada di toilet salah satu hotel di Yogyakarta. Bagi seorang komponis, setiap inspirasi tidak boleh dibiarkan lewat begitu saja. Dia pun cepat-cepat meminta bantuan Hoegeng Imam Santoso (Kapolri pada 1968–1971). Saat itu Hoegeng belum menjadi Kapolri.

Sang Habib menyuruh Hoegeng untuk mengambilkan kertas dan bolpoin. Berkat bantuan Hoegeng, akhirnya jadilah sebuah lagu yang kemudian diberi judul “Hari Merdeka”.

Sebuah lagu yang sangat fenomenal dan sangat terkenal yang banyak dinyanyikan oleh bangsa Indonesia, bahkan anak-anak pun sangat hafal dan pandai menyanyikannya.

Berikut lirik lagu “Hari Merdeka” ciptaan Habib Muhammad Husein Muthahar:

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka Nusa dan Bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka
Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita.

(Ist/M7)

3,692 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan