Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Gunung Soputan Keluarkan Lava Pijar dan Awan Panas

Gunung Soputan Keluarkan Lava Pijar dan Awan Panas
Gunung Soputan Mengeluarkan Lava pijar dan Awan Panas ( foto dikutp dari Tweet Sutopo Purwo Nugroho)

Menit7.com- Guguran lava pijar mulai menuruni  lereng gunung Soputan  di Sulawesi Utara  sejak  (3/10/2018) sekitar pukul  23.25  Wita. Status  waspada di naikkan  menjadi siaga pada level III. Hingga saat ini tidak ada korban jiwa , masyarakat juga tidak perlu mengungsi, namun  tetap mengikuti semua rekomendasi  dari PVMBG. Hal tersebut, diungkapkan Kepala  Pusat Data  Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, yang di kutip dalam tweeternya.

Gunung Soputan Mengeluarkan Lava pijar dan Awan Panas ( foto dikutp dari Tweet Sutopo Purwo Nugroho)

Menurut Sutopo, Sejak pagi hingga malam hari  Gunung Soputan meletus  mengeluarkan abu vulkanik setinggi 4000- hingga 6000  meter.  Gunung ini  juga mengeluarkan  guguran lava dan awan Panas  mengarah ke Baratbaratdaya. Oleh karena itu  masyarakat dilarang  beraktifitas  didalam radius  4 kilo meter dan perluasan ke arah Baratdaya  sejauh 6.5 kilo meter.

Sutopo juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai adanya sejumlah Vidio lutusan  gunung merapi yang mengaitkan dengan Gunung Soputan, vidio-vidio tersebut adalah Hoax, bukan erupsi  gunung Soputan dan bila mendapatkan kiriman  abaikan jangan ikut   menyebarkan di sosial media.

“Orang kok  begitu teganya  menyebarkan kebohongan, Apa tidak takut di akhrat nanti ya?”  kata Sutopo pada Tweeternya.(Ucheng)

5,459 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan