Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Gubernur Kaltara Kunjungi Industry Smelter PT WHW di Ketapang

Gubernur Kaltara Kunjungi Industry Smelter PT WHW di Ketapang

KETAPANG- MENIT7.Com – Menindak lanjuti pertemuan bulan lalu, Gubernur Kalimantan Utara, DR.H.Irianto Lambrie, mendapat kehormatan undangan berkunjung ke kawasan industry smelter milik PT Well Harvest Winning (WHW) di Ketapang, Kalimantan Barat. Bersama para direksi dan jajaran manajemen perusahaan.

PT. Well Harvest Winning (WHW) menurut Gubernur Irianto, adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada pengolahan alumina (Alumina Refinery).Pengelolaan bauksit menjadi alumina. Lokasi industry smelter ini berada di atas lahan seluas kurang lebih 1520 hektare di Desa Mekar Utama, Dusun Sungai Tengar, Kecamatan Kendawang, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

“WHW juga merupakan salah satu industri alumina refinery terbesar di Asia Tenggara. Perusahaan ini telah mampu memproduksi alumina 1 juta ton per tahun,” ujarnya.

Irianto menjelaskan, WHW juga akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), di mana pada tahap I sebesar 80 Megawatt (MW). Tahun depan, perusahaan yang merupakan satu grup dengan PT Pesona Katulistiwa Nusantara (PKN) itu, akan membangun PLTU tahap 2 dengan kapasitas yang sama. Sehingga produksi alumina dapat ditingkatkan menjadi 2 juta ton per tahunnya.

“Kunjungan ini sangat positif, karena seperti yang kita ketahui, kita sedang membangun kawasan industri yang telah ditetapkan dalam Perpres 58 tahun 2017 nanti, yaitu Kawan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tanah Kuning Mangupadi,” pungkasnya.

Lebih jauh Irianto mengungkapkan, Industri smelter salah satu yang direncanakan dibuka di kawasan tersebut. Bahkan sekarang PT. Inalum (Persero) yang akan membuka industry smelter, sudah berkantor di Kaltara.

Dia berharap, industry ini bisa segera terealisasi, seharusnya dilakukan untuk mendukung percepatan itu, menurut gubernur adalah bagaimana upaya kita dan peran serta dari masyarakat.

Terutama terkait dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebagai kuncinya.

“Insya Allah tahun depan pembangunan PLTA Kayan tahap 1, segera dimulai oleh PT Kayan Hydro Energy. Mari kita sama-sama berdoa, semoga semua berjalan lancar sesuai harapan kita semua,” tandas orang nomor satu di Kaltara ini. #Imam/Agustian/M7.

3,158 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan