Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Gerbong Pertama Tiba di Barru, Kereta Api Siap di Uji Coba

Gerbong Pertama Tiba di Barru, Kereta Api Siap di Uji Coba
Gerbong Kereta Api Sudah Tiba Di kabupaten baru., Siap di Uji Coba

BARRU, MENIT7Com – Gerbong Kereta Api Akhirnya tiba di Pelabuhan Garongkong, Minggu, 29 Oktober malam. Gerbong sepanjang 20 Meter dan lebar tiga meter tersebut, diangkut dari Aceh menuju Barru menggunakan Kapal tengker jenis L-City.

Menurut pengawas ekpedisi DPW PT. ALFI/ILFA Umar Bugis, kepada menit7.com, mengatakan Gerbong tersebut memiliki berat 18 ton. Gerbong pertama ini kita angkut dari Aceh ke Barru dengan menempuh perjalanan selama 19 hari, terhitung mulai 10-29 Oktober. Selanjutnya gerbong kedua dan seterusnya akan menyusul.

“Waktu perjalanan sampai 19 hari, lebih lambat dari jadwal semula karena ombak di selat Makassar tinggi,”ungkapnya Senin, 30 Oktober.
Selanjutnya Gerbong buatan PT. INKA Madiun itu, di angkut Pekkae, Tanete Rilau menggunakan truk 140 roda jenis Kometo.

Informasi yang diperoleh mengatakan, gerbong tersebut memiliki type sama seperti yang digunakan di Aceh, karena sesuai dengan space rel yang ada di Barru.

Sementara itu pantauan kami saat gerbong diangkut dari Pelabuhan Garongkong, jalan poros Makassar macet, kendaraan dari arah parepare menuju Makassar harus melambat. Disepanjang jalan warga juga terlihat berdesakan ingin melihat langsung pengangkutan gerbong kereta api itu. Dua Mobil patroli polres Barru juga ikut mengawal sampai di Pekkae lokasi rencana laonching.

Sebelumnya plt Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan, kalau gerbong itu tiba maka akan segera dilaonching yang akan dihadiri oleh bapak Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Rel yang sudah rampung baru sekitar 16 kilo meter dari kota kabupaten Barru hingga batas kota Pare-Pare. Panjang Rel sendiri mencapai 47 Km dari batas kabupaten pangkep dengan kabupaten Barru di Tanjung Butung.( Amad/M7)

3,894 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan