Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Gempa Polewali  dan Issu Tsunami Membuat Warga Pinrang Panik

Gempa Polewali  dan Issu Tsunami Membuat Warga Pinrang Panik
gempa 3.7 Magnitude 45 km dari Polewali Mandar

Pinrang, Menit7.com- Gempa tektonik  3.7  Magnitude kembali terjadi. Pusat gempa berada dilaut  sekitar 43 km  Barat Daya Kabupaten Polewali Mandar, 3.5 lintang selatan (LS) 118.78 bujur timur (BT)  pada kedalaman  10 km. Peristiwa ini terjadi  (1/10/2018)  sekitar pukul 0053.13 WIB. Getaran dirasakan hingga kota Majene dan Pamboang, Sulawesi Barat.

Peristiwa gempa ini tercepat tersebar hingga  hingga ke Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Issu tsunami kembali mencuat membuat sejumlah didaerah tersebut panik dan  beberapa  tempat warga ramai-ramai meninggalkan rumahnya.

Di Dusun Maronen Kecamatan  Duampanua kabupaten  Pinrang  terpaksa sekitar pukul 04 dinihari mengungsi ketempat lain karena  takut adanya tsunami. Kondisi ini terjadi karena warga yang berdiam  tidak jauh dari pinggir laut  melihat air laut mulai surut. Menurut mereka ini adalah  salah  satu tanda-tanda tsunami, lebih baik menghindar katannya.

Selain dusun Maronen, kondisi yang sama  juga dialami  hal sama di desa Paria dan dusun Babana Kecamatan Duampanua, warga kedua daerah tersebut  juga ramai-ramai meninggalkan rumahnya, mengungsi ketempat lainnya, seperti Pekkabata dan sekitarnya.

Rosdiana salah seorang warga Paria terpaksa meninggalkan rumahnya, karena takut dengan issu itu, lagi pula semua tetangganya juga sudah mengungsi, jadi  ” saya juga ikut mungunsi sementara,” kata Rosdiama.

Hingga berita ini diturunkan  belum ada pihak yang berwenang  memberikan keterangan resmi. Namun hingga  pukul 06 pagi issu tsunami  yang dihembuskan orang tidak bertanggungjawab  tidak terbukti, untuk itu masyarakat dihimbau untuk tidak percaya issu-issu yang membuat kepanikan.(ucheng)

Berita ini akan dilakukan Verifikasi secepatnya

 

1,552 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan