Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Ganti Ruginya Tak Jelas, Pemilik Lahan Blokir Pasar Smart Bambaloka

Ganti Ruginya Tak Jelas, Pemilik Lahan Blokir Pasar Smart Bambaloka
Inilah Kondisi Pasar Smart Bambaloka pasca penutupan oleh pemilik lahan.( foto: Joni/ M7)

MATRA,MENIT7.com – Tak ada kejelasan pembayaran  ganti rugi lahanya, Abdul Karim  warga Bambaloka, terpaksa melakukan yang unik dan tergolong nekad. Lahan miliknya seluas 1591 meter persegi, yang saat ini menjadi pasar Smart di Kecamatan Baras, ditanami pohon kelapa sawit. Akibat aksi nekadnya itu membuat  aktivitas  jual beli menjadi terganggu.

Tidak hanya melakukan penanaman pohon sawit dihalaman pasar tersebut, tapi ia juga  memblokir jalan keluar masuk pasar, dengan cara menanam  kepala sawit ditengah jalan dan memasang pagar kawat berduri, sehingga akses masuk kepasar tertutup.

Pasar  megah ini  dibangun Pemrintah Kabupaten Mamuju Utara, menggunakan anggaran negara  hingga miliaran rupiah pada tahun 2013 silam. Meskipun pasar ini berdiri megah diatas lahan kurang lebih 1 hektar ini, namun tidah bisa dimanfaatkan lagi oleh masyarakat karena  masih menyisahkan masalah. Perjanjian ganti rugi lahan hingga saat ini masih belum juga  selesai.

Sementara  pemilik lahan, Abdul karim, mengatakan dirinya telah berungkali melakukan pertemuan dengan pemangku kebijakan didaerah ini  untuk penyelesaian ganti rugi, namun ganti rugi yang awal dijanjikan sebesar tujuh ratus juta rupiah tersebut kerab kali berubah – rubah dari tahun ke tahun.

Abdul Karim, mengaku melakukan aksi nekat menanam pohon sawit serta memasang kawat duri,  karena kesal janji ganti rugi lahannya  sejak tahun 2013 silam, pembayarannya tak kunjung terealisasi dan selalu berubah-ubah,  padahal perjanjian ganti rugi lahan sebesar tujuh ratus juta rupiah telah disepakati.

“Saya dijanji sejak tahun 2013 akan dibayarkan ganti rugi lahan sesuai kesepakatan sesenilaRp700 juta, namun janji itu kerap kali berubah dan menjadi Rp500 juta,terakhir menjadi Rp250 juta,  dan bahkan janji itu tak kunjung terealisasi,” kesal Abd karim. #Joni/M7.

2,822 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan