Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Dinas Pariwisata Kaltara Gelar Aksi Sapta Pesona

Dinas Pariwisata Kaltara Gelar Aksi Sapta Pesona
Gelar Aksi Sapta Pesona. (Foto-Imam)

TANJUNG SELOR, MENIT7.com –  Aksi Sapta Pesona di pantai wisata, Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Sabtu (4/11/2017), mendapat apresiasi dan sambutan positif dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdadrwis) dan masyarakat setempat. Kegiatan tersebut juga diikuti Dinas Pariwisata Kab/ Kota se Kaltara.

Aksi Sapta Pesona ditandai dengan penanaman pohon cemara pantai di kawasan obyek wisata pantai Tanah Kuning dan penyerahan tong sampah kepada Pokdarwis Tanah Kuning. Selain itu Dinas Pariwisata Kaltara juga melakukan uji coba pemakaian banana boad yang nantinya akan diserahkan bersamaan dengan hari Nusantara yang digelar secara serentak, oleh Presiden RI Joko Widodo, tanggal 13 Desember mendatang.

Kepala Bidang Destinasi Pengembangan Pariwisata Kaltara, Lasty, S.Sos, M.Par. mewakili Dispar Kaltara, Ir. H. Ahmad Hairani,MM.MT mengatakan, kegiatan aksi Sapta Pesona merupakan rangkaian beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan yang sumber pendanaannya dari APBN Kementerian Pariwisata RI melalui dana dekonsentrasi tahun anggaran 2017.

Ia berharap, melalui pencanangan penanaman pohon cemara pelestarian lingkungan dalam mengatasi kerusakan lingkungan seperti abrasi pantai bisa diatasi meskipun itu melalui proses yang panjang.

“Setidaknya dengan adanya penanaman pohon ini cemara ini, obyek wisata pantai Tanah Kuning kedepannya terlihat lebih hijau dan kita bisa melihat lagi keindahan dan pemandangan pohon cemara yang indah menjulang tinggi ke angkasa, sehingga lokasi wisata ini lebih sejuk dan nyaman bagi wisatawan domestik dan mancanegara,” ujarnya.

Dikatakan, Dinas Pariwisata Kaltara sangat peduli dan perhatian terhadap pengembangan kepariwisataan Kaltara, baik obyek wisata alam nya maupun pengembangan seni budaya nya.

Mantan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kaltara ini, juga menjelaskan, Kaltara juga akan melirik dan mengemvangkan wisata air sebagai salah satu potensi wisata yang belum tersentuh untuk dikembangkan. Karenanya, melalui Dinas Pariwisata Kaltara Tahun 2018 mendatang akan membuat kapal wisata air yang refresentatif.

“Tahun ini juga kita akan buat master plant nya bekerja sama dengan Universitan Sultan Hasanuddin Makasar. Kalau kapal ini nantinya sudah jadi akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk wisatawan kita. Sebab dengan kapal tersebut kita menyusuri sepanjang sungai yang kita miliki, disamping itu juga memberikan dampak nilai ekonomi bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Kabupaten Bulungan, Maria Erviana, S.Si. mengatakan, menyambut baik dilaksanakannya kegiatan Aksi Sapta Pesona di obyek wisata pantai Tanah Kuning yang dirangkai dengan penanaman pohon dan pembagian Tong Sampah kepada masyarakat dan Pokdarwis setempat.

Lebih jauh ia menjelaskan, obyek wisata pantai Tanah Kuning sangat layak untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata pantai unggulan di daerah ini.

“Untuk mengembangkan pantai Tanah Kuning sebagai obyek wisata unggulan sangat dibutuhkan dukungan dan perhatian dari Dinas Pariwisata provinsi untuk bisa mengalokasikan anggaran pembangunan infrastrukturnya melalui dana pembantuan keuangan (bankeu) daerah,” ujarnya.

Lebih jauh Evi demikian sapaan akrabnya, mengatakan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Bukungan, tahun ini juga mendapatkan gelontoran dana APBN melalaui dekonsentrasi tahun anggaran 2017 sebesar 1,2 miliar yang peruntukannya untuk pembangunan infrastruktur dan lampu penerangan, panggung hiburan serta bangunan untuk tempat berjualan makanan dan minuman.

“Perlahan-lahan pembangunan infrastruktur disini terus kita benahi hingga tuntas, dan tahun depan akan kita anggarkan lagi dari dana APBD. Oleh sebab itu, demi kemajuan kepariwisataan di daerah ini peran dan dukungan Dispar Kaltara sangat kita harapkan melalui APBD, mengingat anggaran Kabupaten Bulungan defisit”, ungkap ibu yang berparas cantik ini.

Secara terpisah Koordinator kegiatan Aksi Sapta Pesona Ari Rifaldi Hamidhan, menmbahkan, bahwa Aksi Sapta Pesona, selain penanaman pohon dan bantuan tong sampah, juga diadakan berbagai lomba olahraga rakyat, seperti balap karung dan tarik tambang yang diikuti masyarakat setempat. Dan malamnya diadakan makan bersama dan hiburan rakyat.#Imam/Agustian/M7.

3,514 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan