Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Dinas Cipta Karya Sulbar adakan Diskusi “One Village One Product”

Dinas Cipta Karya Sulbar adakan Diskusi “One Village One Product”

MAMUJU, MENIT7.com — Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Sulbar melalui Bidang Cipta Karya melakukan sebuah terobosan baru melalui seminar “One Village One Product” di lantai III kantor gubernur Sulbar, Mamuju, Rabu 14 Maret 2018.

Kegiatan tersebut dengan tema “Pemantapan Program Tim Kerja Koordinasi Provinsi dan Kabupaten se Provinsi Sulawesi Barat pada 100 kawasan Khusus Strategis Wilayah Cepat Tumbuh Mendukung One Village One Product (OVOP) Sulbar tahun anggaran 2018-2022“.

Adapun program One Village One Product (OVOP) menjadikan kawasan khusus pelabuhan industri dan perdagangan Belang-Belang Mamuju, Kawasan khusus Agro Jeruk Manis Salupangkang, Mamuju Tengah, Kawasan khusus Tambak Udang Paname di Pasangkayu dan Kawasan khusus Dato Education Village Majene serta Kawasan khusus Agra Wisata Markisa Kentang, Terong Belanda – Maradang Mamasa.

Kabid Cipta Karya PUPR Sulbar, Mukaddam dalam paparannya didepan para peserta yang hadir dari tiap kabupaten se Sulbar.

“One Product One Village, adalah suatu tawaran konsep pembangunan berbasis potensi unggulan setiap wilayah yang ada tiap-tiap kabupaten yang ada di Sulbar digagas oleh pemerintah. Olehnya itu program ini kita harus sambut baik dari tiap-tiap daerah,” kata Mukaddam.

Hal itu juga dipaparkan Baharuddin Koddeng dosen Tata Kota dan Pengembangan Wilayah Departemen Arsitektur Fakultas Teknik UnHas.

Baharuddin mengatakan, dalam presentasinya di depan para peserta yang hadir dari tiap kabupaten.

“Sulbar adalah ibarat gadis belia yang mau didandangi, olehnya itu harus ada terobosan baru digalakkan di setiap kabupaten di Sulbar, sesuai konsep yaitu One Village One Product, tinggal kordinasi antara pemerintah provinsi dan tiap-tiap kabupaten harus singkron untuk kepentingan yang berbasis ekonomi kerakyatan,” kata Baharuddin, Rabu (14/3)

Mukaddam juga menambakan, bahwa apa yang ada di konsep OVOP bersinergi dengan visi dan misi RPJMD Sulbar hal itu sesuai program Gubernur.

“Konsep One Village One Product seiring visi dan misi RPJMD yang di gaungkan Gubernur Sulbar,”  kutip Mukaddam.#Jay

1,834 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan