Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Diduga Akibat Aktifitas  Sesar Palu Koro, Sulteng Gempa Lagi

Diduga Akibat Aktifitas  Sesar Palu Koro, Sulteng Gempa Lagi

Palu,Menit7.com–Lagi-lagi Sulawesi Tengah diguncang gempa, Rabu, tanggal 24 Oktober 2018 pukul 09:42 WITA, di Palu dan daerah disekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M = 3.3 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di Teluk Palu, 11 km arah utara Palu pada koordinat 0.80 LS – 119.86 BT kedalaman 5 km, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas sesar Palu Koro.

Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala III-IV MMI di Palu, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

 

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang (II SIG BMKG / III-IV MMI) di Palu;

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi dihimbau tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak. (sumber Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Cahyo Nugroho, SE, S.Si)

3,077 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan